Peran entrepreneur muslim dalam membangun koneksi dan komunitas bisnis: studi fenomenologi pada pelaku usaha Sari Bumi di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aziza, Ana (2018) Peran entrepreneur muslim dalam membangun koneksi dan komunitas bisnis: studi fenomenologi pada pelaku usaha Sari Bumi di Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ana Aziza_F02416080.pdf

Download (7MB)

Abstract

Entrepreneurship adalah salah satu kunci kesuksesan dalam mendorong kemandirian secara ekonomi, akan tetapi untuk menjadi entrepreneur dibutuhkan mental yang kuat, jiwa yang proaktif dan inovatif dan juga kemampuan melihat peluang. Di Indonesia budaya entrepreneur masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari minat para pencari kerja yang sangat tinggi, tingginya angka kemiskinan dan penggangguran. Dari fenomena diatas dibutuhkan peran umat Islam sebagai umat mayoritas untuk mendorong tumbuhnya jiwa entrepreneur. Penelitian ini berupaya untuk memotret peran entrepreneur Sari Bumi dalam membangun koneksi dan komunitas bisnis, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, peneliti berupaya untuk menggali peran apa saja yang telah dilakukan para entrepreneur Sari Bumi dalam membangun koneksi dan komunitas bisnis. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 158 toko bahan bangunan di Kabupaten Sidoarjo yang dimiliki oleh 80 kepala keluarga, komunitas usaha bahan bangunan Sari Bumi ini dirintis oleh seorang kepala keluarga pada tahun 1982.Berdasarkan analisa data dalam penelitian kualitatif ditemukan 9 (Sembilan) peran entrepreneur Sari Bumi dalam membangun komunitas bisnis yang meliputi, membuka lapngan pekerjaan, membangun kemandirian, mendorong timbulnya jiwa entrepreneur, memberi bantuan modal, menjadi teladan dalam kedisiplinan, komitmen dalam menjaga nilai keislaman, membentuk wadah silaturahmi, membentuk yayasan yang berkiprah pada bidang sosial, pendidikan dan keagamaan dan mendirikan perusahaan distributor. Sedangkan peran dalam membangun koneksi bisnis ada 5 (lima) yang meliputi, selalu menjalin hubungan baik dan menghargai relasi bisnis, menjaga reputasi, selalu berbagi denga rekan bisnis, membangun komunikasi yang efektif dan selalu berupaya menjaga persepsi diri. Untuk menjaga keberlanjutan bisnis mereka ada 7 (tujuh) strategi bisnis yang dilakukan meliputi, perluasan geografis, diversifikasi, panetrasi pasar, akuisisi, rasionalisasi karyawan, pengembangan usaha dan usaha patungan atau join venture.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aziza, Anaaidilaeputra@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Uncontrolled Keywords: Entrepreneur muslim; Koneksi; Komunitas bisnis
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: Aziza Ana
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:45
Last Modified: 06 Aug 2018 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26210

Actions (login required)

View Item View Item