Studi kritik terhadap hadis tentang usul al-din dalam kitab al-kafi karya abu ja’far muh}ammad bin ya’qub al-kulaini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syaifudin, M (2018) Studi kritik terhadap hadis tentang usul al-din dalam kitab al-kafi karya abu ja’far muh}ammad bin ya’qub al-kulaini. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M.Syaifudin_F02815168.pdf

Download (8MB)

Abstract

Syi’ah adalah salah satu aliran besar yang terdapat dalam Agama Islam, selain memiliki penganut cukup banyak, Syi’ah juga terbagi dalam beberapa kelompok diantaranya ialah Syiah Imamiyyah, Zaidiyyah, Gholut dll, selain itu Syi’ah juga memiliki ajaran yang berbeda dengan aliran lain, Syiah Imamiah adalah kelompok Syi’ah yang salah satu ajaranya adalah meyakini bahwa Sayyidinia Ali ra adalah penerus sekaligus pengganti Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu dari Allah SWT, kelompok ini terus berkembang hingga sekarang, selain itu Syi’ah Imamiah juga memiliki kitab hadis yang berbeda dengan kitab hadis Ahl al-Sunnah wa al-Jama’ah, salah satu kitab hadis yang populer dikalangan syi’ah adalah kitab al-Ka>fi karya Abu> Ja’far Muhammad bin Ya’qu>b al-Kulaini, sebagai kitab hadis Syi’ah, al-Kafi memiliki banyak sekali perbedaan kandungan yang termuat di dalamnya, termasuk hadis hadis Us}u>l al-Din (pokok-pokok dalam agama).Penelitian ini memfokuskan pada penelitian hadis Us}u>l al-Di>n yang meliputi Arka>n Islam, Arka>n Iman, Imamah, Kehujjahan Al-Qur’an, dan Kebahagiaan serta Kecelakaan manusia. Sedangkan hadis yang diteliti adalah hadis yang terdapat dalam kitab al-Ka>fi> karya al-Kulaini.Penelitian ini memusatkan kajian pada penelitian kepustakaan yang bersifat deskriptif analisis berdasarkan kajian teks. Jadi semua data-datanya diperoleh dari hasil telaah literatif pada kitab-kitab Syi’ah maupun Sunni yang membahas tentang Us}u>l al-Din, baik dari kitab hadis maupun selainya. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Normatif Yuridis, suatu pendekatan yang berhubungan dengan unsur hukum.Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan literature dari sunni dan Syiah yang berhubungan dengan Us}u>l al-Di>n dari data data yang telah terkumpul kemudian disaring, dengan mengedepankan data data dari hadis yang terdapat dalam kitab al-Ka>fi sebagai data pokok, dari data tersebut kemudian di teliti tentang kualitasnaya (jarh wa ta’dil-nya) dari hasil penelitian itu kemudian dipadukan dengan data-data yang lain baik data dari Al-Qur’an, data Syi’ah yang lain, ataupun data dari Sunni, Dari pengelolaan data data tersebut kemudian dijadikan acuan untuk menganalisa status dan kwalitas hadis Us}ul al-Di>n yang termuat dalam kitab al-Ka>fi.Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah, status kualitas hadis Us}u>l al-Din dalam kitab al-Kafi> keseluruhanya merupakan hadis d}a’if>, dan tidak dapat dipertanggung jawabkan, oleh karena itu hadis-hadis tersebut tidak layak untuk dijadikan sebagai hujjah karena selain berhubungan dengan kajian inti yaitu Us}u>l al-Din, hadis-hadis tersebut juga banyak yang bertolak belakang dengan kandungan ayat Al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syaifudin, Msyaifudinsafaresa@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Hadis
Uncontrolled Keywords: Kritik hadis syiah; kitab al kafi
Depositing User: Syaifudin M.
Date Deposited: 07 Aug 2018 07:22
Last Modified: 07 Aug 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26201

Actions (login required)

View Item View Item