الأفعال المزيدة وفوائدها في سورة الشعرآء: دراسة صرفية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bahari, Muhammad Nopriza (2018) الأفعال المزيدة وفوائدها في سورة الشعرآء: دراسة صرفية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nopriza Bahari_A91214095.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Al-Quran diturunkan oleh Allah Swt melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad Saw sebagai mukjizat dan pedoman hidup bagi umat manusia yang memiliki keindahan luar biasa. Keindahan yang terdapat didalam Al-quran dapat dilihat dari gaya bahasa yang digunakan, struktur kalimat, dan pemilihan kata yang digunakan dengan melihat konteks kehidupan manusia sehingga mudah untuk difahami. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengkaji tentang fi’il-fiil maziid yang merupakan bagian dari ilmu sorof. Fi’il-fi’il mazid yaitu fi’il atau kata kerja yang terdapat tambahan huruf selain huruf aslinya yang memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan penggunaan kata didalam kalimat, dan dalam hal ini penulis meneliti tentang fi’il-fi’il mazid yang terdapat dalam surat Asy-Syu’aro’, untuk mengetahui fungsi penggunaan fi’il-fi’il mazid dalam surat tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : pertama, apa saja ayat yang terdapat fi’il mazid dalam surat Asy-Syu’aro’ ? . Kedua, apa kaidah fi’il mazid yang terdapat dalam surat Asy-Syu’aro’ ?. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa didalam surat Asy-Syu’aro’ terdapat 63 fi’il mazid dari 56 ayat yg diteliti oleh penulis, diantaranya adalah fi’il mazid dengan tambahan satu huruf ada 48 kata, fi’il mazid dengan tambahan dua huruf ada 13 kata, dan fi’il mazid dengan tambahan 3 huruf ada 2 kata. Dari 63 fi’il mazid tersebut ada 11 macam faidah atau fungsi yaitu, للتعدية (menjadikan fi’il mempunyai atau bertambah objek/maf’ul) 43kata, لوجود الشيئ على صفة ada 2 kata, للصيرورة ada 1 kata, لنسبة المفعول إلى أصل الفعل ada 1 kata, اتّخاد الفعل من الإسم ada 1 kata, للمطاوعة ( adanya pengaruh atau akibat dari pekerjaan) ada 4 kata, أصل الفعل لعدم ورود الأصل ada 3 kata, للمبالغة ada 3 kata, للدلالة على حصول أصل الفعل ada 1 kata, لوجدان المفعول على صفة ada 1 kata, dan لطلب ada 1 kata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bahari, Muhammad Noprizanoprizabahari895@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Bahasa Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Uncontrolled Keywords: Fi’il Mazid
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Bahari Muhammad Nopriza
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:06
Last Modified: 07 Aug 2018 02:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

View Item View Item