Peningkatan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode Kontekstual dengan teknik Teratai (terjun, amati, rangkai) pada Kelas 3 MI Miftahul Ulum Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iswahyuni, Iswahyuni (2018) Peningkatan keterampilan menulis puisi mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode Kontekstual dengan teknik Teratai (terjun, amati, rangkai) pada Kelas 3 MI Miftahul Ulum Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iswahyuni_D77214036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan menulis puisi yang masih rendah berdasarkan hasil wawancara dan dokumen dari Bu Waroh guru Bahasa Indonesia dapat diketahui nilai rata-rata ulangan harian Bahasa Indonesia 66.1, persentase ketercapaian belajarnya 36% dari standar ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 75, hal tersebut menjadi latar belakang penelitan ini. Penyampaian materi dari guru yang monoton hanya menggunakan metode ceramah tanpa mengunakan variasi metode pembelajaran lain sehingga peserta didik merasa bosan, selain itu guru hanya memberikan tugas menulis puisi tanpa adanya pemberian rangsangan. Metode kontekstual dengan teknik teratai (terjun, amati, rangkai) diterapkan dengan tujuan untuk memudahkan peserta didik ketika belajar menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan metode kontekstual dengan teknik teratai (terjun, amati, rangkai) dalam peningkatan keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Miftahul Ulum Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III MI Miftahul Ulum Lamongan setelah menerapkan metode kontekstual dengan teknik teratai (terjun, amati, rangkai).Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin terdiri dari dua siklus setiap siklusnya terdapat empat tahapan perencanaan (Planning), pelaksanaan (acting), pengamatan atau observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek peneliti adalah peserta didik kelas 3 MI Miftahul Ulum Lamongan yang terdiri dari 22 anak. Tindakan yang dilakukan ialah menerapkan metode kontekstual dengan teknik teratai (Terjun, Amati, Rangkai). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan test (product assessment). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode kontekstual teknik teratai dapat meningkatkan aktivitas guru dari nilai 78,33 (cukup baik) pada siklus I menjadi 90,00 (baik) pada siklus II. Aktivitas peserta didik meningkat dari 76,66 (cukup baik) pada siklus I menjadi 88,33 (baik) pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menulis puisi nilai rata-rata 73,29 siklus I menjadi 80,11 pada siklus II dan persentase ketuntasan peserta didik 72,72% pada siklus I meningkat menjadi 86,36% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iswahyuni, Iswahyuniiswahyuni867@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Menulis
Pendidikan > Metode
Puisi
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Puisi; Metode Kontekstual; Teknik Teratai (Terjun, Amati, Rangkai)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Iswahyuni Iswahyuni
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:08
Last Modified: 07 Aug 2018 03:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

View Item View Item