Minat masyarakat muslim gempol terhadap penggunaan e-toll card

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Zumrotul (2018) Minat masyarakat muslim gempol terhadap penggunaan e-toll card. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zumrotul Azizah_F02416105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini dilatar belakangi oleh masalah yang sering terjadi di jalan tol terutama pada saat transaksi di gerbang. Transaksi yang terjadi antara petugas dan pengemudi membutuhkan waktu yang agak lama. Hal ini disebabkan petugas tol harus mengecek asal kendaraan guna menentukan tarifnya, lalu menghitung uang kembaliannya. Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan tol terutama pada hari dan jam sibuk karena antrian pada pintu keluar tol terlalu panjang, dibutuhkan kecepatan lebih tinggi dalam melakukan pembayaran tol dengan menggunakan layanan elektonik tol (e-Toll) pada Gerbang Tol Otomatis (GTO). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data diperoleh dengan setting alamiah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun garis besar dalam pengumpulan data ini adalah penulis akan cari tahu tentang apakah masyarakat muslim Gempol mengetahui tentang e-Toll card, masyarakat menggunakan e-Toll disebabkan karena apa, kemudian peneliti akan mencari tahu sejauh mana minat terhadap penggunaan e-Toll card dengan di wilayah Gempol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, minat masyarakat muslim Gempol terhadap penggunaan e-Toll card masih terbilang rendah karena jauh dari angka target. Menurut prediksi pegawai jasa marga masih mencapai angka 17 persen per Januari 2018, sedangkan angka target adalah 100 persen. Selain itu juga banyaknya pro dan kontra adanya produk baru bank berupa e-Toll. Tidak semua responden beranggapan positif, ada pula responden yang menyatakan merasa kurang nyaman dengan adanya transaksi baru berupa e-Toll card dengan berbagai macam alasan. E-Toll card tidak ada hubungan yang signifikan dengan mengurangi kemacetan, meskipun per Oktober sudah hampir 100% gerbang keluar tol di Indonesia menggunakan GTO, tetapi untuk kemacetan bisa jadi karena volume kendaraan, rekayasa jalan, kecelakaan, penyempitan lajur, pengurangan lajur, jumlah gerbang tol, dan jumlah gerbang tol yang dibuka. Kedua, adapun faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat muslim Gempol terhadap penggunaan e-Toll card yaitu karena adanya peraturan pemerintah, pengaruh iklan dan masyarakat merasakan sisi kemanfaatan yang diperoleh dari e-Toll. Sehubungan dengan keamanan dari kartu tol, ada baiknya bank mulai mencari solusi. Misalnya mencantumkan nama pemiliknya atau memberikan kode tertentu guna memudahkan pemilik kartu apabila rusak ataupun hilang serta agar nilai kemanfaatan yang diberikan kartu tol semakin tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Zumrotulizaizaiza124@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat Islam
Bisnis
Perilaku
Uncontrolled Keywords: Minat; Masyarakat Muslim; E-toll card
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azizah Zumrotul
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:19
Last Modified: 24 Feb 2019 11:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26177

Actions (login required)

View Item View Item