Penguatan local leader kelompok tani Sumber Rezeki di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifi, Moh. (2018) Penguatan local leader kelompok tani Sumber Rezeki di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Afifi_B72214033.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kelompok Tani Sumber Rezeki menjadi wadah pemberdayaan masyarakat petani di Dusun Angsanah Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep. Petani yang sering melakukan pertemuan rutin akan senantiasa berbagi pengetahuan dan pengalaman menghadapi berbagai macam persoalan, terutama dalam bidang pertanian. Adanya wadah tersebut cukup efektif dalam menjawab masalah yang belum terselesaikan. Keberadaan local leader dalam suatu kelompok sangat penting untuk mempengaruhi keputusan-keputusan yang diambil demi kepentingan bersama. Local leader bukan hanya mereka yang berkedudukan sebagai ketua, tapi juga mereka yang memiliki keterampilan, kecakapan, dan tingkat pengaruh yang ada dalam diri seseorang. Pendampingan Kelompok Tani Sumber Rezeki menggunakan pendekatan ABCD (Asset Bassed-driven Community Development). Pendampingan berbasis aset mengkaji tujuh dimensi yang ada dalam kehidupan masyarakat sendiri, sehingga nantinya akan diketahui aset yang berpotensi dikembangkan dan berdampak pada kehidupan sosial, ekonomi, dan politik. Selain itu, Kelompok Tani Sumber Rezeki juga sebagai media dakwah. Cara yang dilakukan adalah menyediakan segala macam kebutuhan petani. Salah satunya kebutuhan akan air ketika musim kemarau tiba, dibuatkanlah Rumah Pompa disekitar sawah yang akses airnya cukup jauh. Apabila kebutuhan sudah terpenuhi, maka dapat dengan mudah mengajak petani dalam mengikuti kegiatan keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifi, Moh.moh.afifi150695@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kelompok tani Sumber Rezeki; dakwah; local leader; rumah pompa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Afifi Moh
Date Deposited: 06 Aug 2018 04:53
Last Modified: 06 Aug 2018 04:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26174

Actions (login required)

View Item View Item