Konstruksi indikator halal dalam perkembangan industri halal fashion

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muflihin, M. Dliyaul (2018) Konstruksi indikator halal dalam perkembangan industri halal fashion. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Dliyaul Muflihin_F02416096.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ekonomi Syariah Perkembangan industri keuangan memasuki babak baru yaitu ditandai berkembanganya industri halal, salah satunya adalah industri halal fashion, menurut Global Islamic Economy Report 2017/2018 dengan mayoritas penduduk muslim terbesar di dunia Indonesia masih kalah dengan negara tetangga seperti malaysia yang sudah memulai mengembangkan industri halal fashion terlebih dahulu. Oleh karena itu diperlukan indikator halal fashion agar bisa bersaing dengan negara tersebut dan tetap dalam jalur kehalalannya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah, yaitu: bagaimana konstruksi indikator halal dalam perkembangan industri halal fashion, dan bagaimana analisis indikator halal dalam perkembangan industri halal fashion.
Data penelitian ini dihimpun dari literatur-literatur dan hasil wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait dengan masalah penelitian yaitu MUI Jatim, PWNU Jatim dan PW Aisyiyah Jatim dan selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptis analitis. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada beberapa sumber sebagain narasumber, peneliti menemukan indikator yang mengatur halal fashion, antara lain: a) Memastikan bahan baku yang di pakai adalah bahan baku halal. b) Dalam proses produksi tidak boleh tercampur barang-barang yang haram. c) Setelah proses produksi selesai, jika ada masa penyimpanan produk tersebut harus disimpan di dalam tempat yang terpisah dengan barang-barang yang haram/najis. d) Distribusi produksi harus berdasarkan prinsip kemaslahatan dan keadilan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muflihin, M. Dliyaulmdliyaulmuflihin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Halal Life Style; Industri Halal Fashion; Ekonomi Syariah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Muflihin M. Dliyaul
Date Deposited: 06 Aug 2018 06:52
Last Modified: 06 Aug 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26172

Actions (login required)

View Item View Item