Pengaruh inflasi, BI rate, dan pertumbuhan ekonomi terhadap laba Bank Syariah di Indonesia periode 2014-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amirrudin, Muhammad Ibnu (2018) Pengaruh inflasi, BI rate, dan pertumbuhan ekonomi terhadap laba Bank Syariah di Indonesia periode 2014-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ibnu Amirrudin_G74214110.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, BI Rate dan pertumbuhan ekonomi terhadap laba bank syariah di seluruh Indonesia tahun 2014 sampai dengan 2017. Dalam penelitian ini, data diperoleh melalui website resmi dari Bank Indonesia dan OJK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, objek dalam penelitian ini adalah bank syariah dengan sampel 48. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang terdiri dari inflasi, BI Rate dan pertumbuhan ekonomi sedangkan variabel terikatnya yakni laba bank syariah. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitin ini adalah uji asumsi klasik yang meliputi normalitas, multikolonieritas, heteroskedastisitas ,autokorelasi dan regresi linear berganda. Untuk pegujian hipoesis dilakukan dengan mnggunakan uji statistik yaitu uji t (parsial) dan uji f (simultan). Hasil penelitian menunjukan bahwa dari ketiga variabel bebas yang secara parsial berpengaruh terhadap laba bank syariah hanya BI Rate, karena nilai sigifikansi dari BI Rate lebih rendah dari 5% atau 0,05 yakni 0,030 < 0,05, sedangkan nilai sigifikansi dari inflasi yakni 0,507 > 0,05 dan pertumbuhan ekonomi sebesar 0,363 > 0,05 sehingga inflasi dan pertumbuhan ekonomi secara parsial tidak berpengaruh terhadap laba bank syariah. Sedangkan untuk hasil uji simultan, inflasi, BI Rate dan pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh signifikan terhadap laba bank syariah, karena nilai f hitung > f tabel yaitu 5,169 > 2,82 dan niai sig yaitu 0,004 < 0,05. Nilai koefisien determinasi aaau R Square sebesar 0,261 atau 26%. Ini menunjukan bahwa variabel bebas (inflasi, BI Rate, dan pertumbuhan ekonomi) berpengaruh terhadap naik turunya laba bank syariah sebesar 26%, sedangkan sisanya 74% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat disebutkan. Sehingga dari dari ketiga variable bebas, yang paling berpengaruh terhadap laba bank syariah adalah BI Rate dan secara bersama-sama berpengaruh terhadap laba bank syariah. Oleh karena itu di harapkan inflasi, BI rate dan pertumbuhan ekonomi dijdikan bahan pertimbannga oleh bank syariah dalam mengambil dan menetapkan kebijakan.

Kata kunci: inflasi, BI Rate, pertumbuhan ekonomi, laba bank

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amirrudin, Muhammad Ibnuibnuamirrudin29@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Uncontrolled Keywords: inflasi, BI Rate, pertumbuhan ekonomi, laba bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Amirrudin Muhammad Ibnu
Date Deposited: 07 Aug 2018 04:44
Last Modified: 07 Aug 2018 04:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26164

Actions (login required)

View Item View Item