Uji aktivitas antibakteri ekstrak fungi endofit dan ekstrak daun dari Chromolaena odorata terhadap bakteri Shigella dysenteriae

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Khoirun (2018) Uji aktivitas antibakteri ekstrak fungi endofit dan ekstrak daun dari Chromolaena odorata terhadap bakteri Shigella dysenteriae. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Khoirun Nisa_H01214004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Masalah kesehatan yang sering terjadi di dunia terutama di negara berkembang adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Shigella dysenteriae. Tumbuhan Chromolaena odorata merupakan tumbuhan yang memiliki banyak potensi, salah satunya sebagai antibiotik. Di dalam jaringan tanaman terdapat fungi endofit yang memberi keuntungan bagi tanaman inangnya, salah satunya adalah mensintesis senyawa baru yang berfungsi sebagai antimikroba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan ekstrak fungi endofit dan ekstrak daun dari C. odorataterhadap S.dysenteriaedengan berbagai variasi konsentrasi ekstrak. Metode yang digunakan yaitu metode difusi kertas cakram, dengan variasi konsentrasi 25mg/ml, 50mg/ml, 75mg/ml dan 100mg/ml. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh lima jenis fungi endofit. Hasil uji aktivitas antibakteri membuktikan bahwa semua ekstrak fungi endofit dan daun dapat menghambat aktivitas bakteri S. dysenteriae. Pada uji fitokimia hampir semua ekstrak fungi endofit memiliki senyawa flavonoid, terpenoid, tanin dan steroid. Diameter zona hambat pada masing-masing konsentrasi di uji statistika menggunakan uji Kruskall-Wallis. Data yang diperoleh dari hasil uji Kruskall-Wallis memiliki nilai signifikansi (0,005) < 0,05, yang berarti ada perbedaan yang nyata antara ekstrak daun dan fungi Endofit terhadap zona hambat yang dihasilkan pada uji aktivitas antimikroba. Hasil ini membuktikan bahwa fungi endofit yang berasal dari C. odorata memiliki kemampuan yang sama dengan ekstrak daun sebagai antibakteri terhadap S. dysenteriae.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Khoirunzahraangel89@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Kesehatan
Kesehatan

Morfologi
Uncontrolled Keywords: Ekstrak fungi endofit; ekstrak daun C. odorata; S.dysenteriae
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nisa Khoirun
Date Deposited: 06 Aug 2018 07:22
Last Modified: 06 Aug 2018 07:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26157

Actions (login required)

View Item View Item