Konstruksi berita ‘3 tahun kinerja jokowi-jk’ pada portal media online kompas.com (Analisis framing model zhongdang pan dan gerald M. Kosicki pada portal media online kompas.com edisi 1 Oktober – 31 Oktober 2017)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widya, Hanifah Rachma (2018) Konstruksi berita ‘3 tahun kinerja jokowi-jk’ pada portal media online kompas.com (Analisis framing model zhongdang pan dan gerald M. Kosicki pada portal media online kompas.com edisi 1 Oktober – 31 Oktober 2017). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanifah Rachma Widya_B76214072.pdf

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Konstruksi Berita ‘3 Tahun Kinerja Jokowi-Jk’ Pada Portal Media Online Kompas.com adalah hasil penelitian analisis teks media. Terdapat fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu: Bagaimana struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam konstruksi berita ‘3 Tahun Kinerja Jokowi-JK’ pada portal media online Kompas.com. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki dengan menggunakan pendekatan konstruksionis karena paradigma konstruksionis adalah salah satu cara pandang terhadap kehidupan sosial bukanlah realitas yang natural, tetapi bentuk dari hasil dari konstruksi. Analisis ini digunakan untuk memahami dan mendeskripsikan bagaimana struktur sintaksis, skrip, tematik, dan retoris dalam konstruksi berita ‘3 Tahun Kinerja Jokowi-JK’ pada portal media online Kompas.com. Hasil analisis ini disimpulkan bahwa struktur sintaksis, berita ‘3 Tahun Kinerja Jokowi-JK’ tersusun dalam bentuk tetap dan teratur sehingga membentuk piramida terbalik. Skrip, pemberitaan yang dilakukan oleh kompas.com memiliki bentuk umum yang memiliki pola 5W+1H, yang menunjukkan kelengkapan dalam penyajian berita. Tematik, wartawan kompas.com ingin mencoba mengemas dan menampilkan tema yang sama, tentang pemberitaan ‘3 Tahun Kinerja Jokowi-JK’. Retoris, konstruksi yang diberitakan oleh wartawan kompas.com juga menunjukkan kecenderungan bahwa apa yang disampaikan sesuai dengan kejadian yang sebenarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widya, Hanifah Rachmahrachmaw@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Media Massa
Indonesia > Presiden
Keywords: Konstruksi Berita; 3 Tahun Kinerja Jokowi-JK; Kompas.com,
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Widya Hanifah Rachma
Date Deposited: 07 Aug 2018 03:43
Last Modified: 07 Aug 2018 03:43
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26154

Actions (login required)

View Item View Item