Analisis pelayanan pembiayaan terhadap kepuasan nasabah pada Koperasi Syariah Harapan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azhim, Muhammad Fahmi Fauzil (2018) Analisis pelayanan pembiayaan terhadap kepuasan nasabah pada Koperasi Syariah Harapan Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fahmi Fauzil Azhim_G74214055.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pelayanan Pembiayaan terhadap Kepuasan Nasabah pada Koperasi Syariah Harapan Surabaya” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelayanan pembiayaan yang dilakukan Koperasi Syariah Harapan Surabaya & pengaruhnya pada kepuasan anggota/calon anggota atas pelayanan pembiayaan tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus pada objek. Studi kasus merupakan suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses, dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari individu, kelompok, atau situasi. Penghimpunan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pegawai dan nasabah/anggota Koperasi Syariah Harapan Surabaya secara silang/acak. Hasil penelitian yang diperoleh adalah pelayanan pembiayaan yang dilakukan oleh Koperasi Syariah Harapan Surabaya meliputi beberapa tahap yaitu pra, proses, dan paska pembiayaan. Pra pembiayaan merupakan tahap awal sebelum calon anggota melakukan pembiayaan seperti identifikasi calon anggota, mengedukasi produk-produk Koperasi Syariah kepada calon anggota, membangun silaturrahim dengan calon anggota. Proses pembiayaan adalah tahap selanjutnya ketika calon anggota sudah berhak mendapatkan pembiayaan. Pada tahap ini calon anggota melakukan akad, mengangsur pembiayaan dengan beberapa layanan pickup service yaitu layanan jemput angsuran atau tabungan, transfer antar bank dan datang ke kantor untuk melakukan pembayaran angsuran maupun menabung. Paska pembiayaan tahap untuk memberikan penawaran pembiayaan kembali kepada calon anggota yang memenuhi persyaratan untuk mendapatkan pembiayaan kembali. Berdasarkan analisis dimensi kualitas pelayanan, yakni tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan empathy (empati) serta penerapan nilai-nilai Islami dalam memberikan pelayanan, adalah bahwa Koperasi Syariah Harapan Surabaya merupakan lembaga yang amanah dan telah mengamalkan nilai-nilai Islami dalam memberikan pelayanan. Sehingga anggota merekomendasikan kepada orang terdekat, saudara, dan teman untuk melakukan pembiayaan di Koperasi Syariah Harapan Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azhim, Muhammad Fahmi Fauzilpamfahmi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Koperasi
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Pembiayaan; Kepuasan Nasabah; Koperasi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Azhim Muhammad Fahmi Fauzil
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:52
Last Modified: 07 Aug 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26153

Actions (login required)

View Item View Item