Pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto

Andani, Fitri Dewi (2018) Pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Fitri Dewi Andani_F521015188.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Buku penghubung aktivitas belajar siswa meruapakan media kontrol belajar siswa yang dimanfaatkan untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa program remedial. Ketuntasan belajar siswa adalah tercapainya hasil belajar siswa di atas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk (1) bagaimana desain pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto. (2) bagaimana impelementasi pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar siswa program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto. (3) bagaimana efektivitas pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa untuk meningkatkan prosentase ketuntasan belajar program remedial di MI Miftahul Ulum Pandanarum Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain penelitian pengembangan model Borg & Gall serta desain pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Adapun teknik analisis data menggunakan metode kombinasi yaitu analisis data dilakukan pada 2 tahap yang berbeda waktunya. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan metode kuantitatif deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) desain pengembangan buku penghubung aktivitas belajar siswa telah tervalidasi dengan rata-rata total validitas 3,78/3,8. sehingga produk yang dikembangkan bernilai “valid”. (2) Hasil dari Implementasi, siswa merespon sangat positif dengan nilai rata-rata 91. Sedangkan orang tua merespon positif pada uji coba I dengan rata-rata 71 dan merespon sangat positif pada uji coba II dengan nilai rata-rata 87. (3) Efektivitas buku penghubung aktivitas belajar siswa dinilai sangat efektif dengan hasil uji coba I diketahui prosentase ketuntasan belajar siswa 81% dan uji coba II menunjukkan 82%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sihabudin, sihabudin
Uncontrolled Keywords: Buku Penghubung; remidial; ketuntatasan belajar
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andani Fitri Dewi
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:48
Last Modified: 07 Aug 2018 06:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26152

Actions (login required)

View Item View Item