إعداد مواد التعليم لمهارة الكلام لطلاب الفصل العلاجي الثاني بجامعة علي بن أبي طالب الإسلامية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustain, Mustain (2018) إعداد مواد التعليم لمهارة الكلام لطلاب الفصل العلاجي الثاني بجامعة علي بن أبي طالب الإسلامية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mustain_F16214194.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya ini berbicara tentang pengembangan buku pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berbicara. Buku yang dikembangkan tersebut merupakan solusi dari problematika pembelajaran yang dihadapi Pembimbing dan para mahasiswa siswa di sekolah tinggi tersebut yaitu tidak adanya buku pembelajaran yang cocok dan sesuai dalam pengajaran materi Hiwar (Conversation) untuk kelas bimbingan mahasiswa lemah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui proses pembuatan buku pembelajaran ini dalam meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa siswa. (2) Unutk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan buku pembelajaran ini dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa kelas bimbingan semester2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Adapun pendekatan yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Buku pembelajaran telah selesai dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kelas bimbingan semester2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Keistimewaan dari buku ini adalah kandungan isinya yang mencakup percakapan, ungkapan, susunan kata, dan latihan-latihan yang berkaitan dengan keterampilan berbicara. Dan yang menjadi kelebihan buku ini adalah berbagai pengetahuan dan istilah-istilah modern yang sering digunakan di zaman ini. (2) Penggunaan buku pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa kelas bimbingan semester2 di Sekolah Tinggi Agama Islam Ali bin Abi Thalib Surabaya. Hal ini berdasarkan hasil yang didapat peniliti setelah menganalisa data dari nilai tes, yang mana nilai rata-rata siswa ketika pre-test adalah 54,95 dan ketika post-test adalah 74,4. Ini menunjukkan adanya peningkatan dalam kemampuan berbicara siswa setelah penggunaan buku pembelajaran. Hal ini dikuatkan pula oleh nilai test t yang diperoleh, yang mana nilai t hasil (to) lebih besar dari nilai t tabel (tt) baik di taraf signifikasi 5% atau 1% dan nilai tersebut adalah 2,13 < 7,53 > 2,95. Begitu pula nilai dari angket dan interview mendukung semua yang telah disebutkan di atas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustain, Mustainmustainsyahri82@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Uncontrolled Keywords: Buku ajar Bahasa Arab; Keterampilan berbicara Bahasa Arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mustain Mustain
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:00
Last Modified: 06 Aug 2018 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26147

Actions (login required)

View Item View Item