الصراع الباطني لشخصية أنا في رواية ليالي تركستان لنجيب الكيلاني: بحث علم الأدب النفسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syarah, Diana Nafita (2018) الصراع الباطني لشخصية أنا في رواية ليالي تركستان لنجيب الكيلاني: بحث علم الأدب النفسي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Nafita Syarah_A71214059.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana sinopsis novel Layali Turkistan karya Najib al-Kailani?, (2) bagaimana bentuk konflik batin pada tokoh aku dalam novel Layali Turkistan?, (3) bagaimana faktor-faktor penyebab konflik batin pada tokoh aku dalam novel Layali Turkistan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sinopsis novel Layali Turkistan karya Najib al-Kailani, mengetahui bentuk konflik batin pada tokoh aku dalam novel Layali Turkistan, dan mengetahui faktor-faktor penyebab konflik batin pada tokoh aku dalam novel Layali Turkistan. Sedangkan metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan psikologi sastra, ditinjau dari segi karya sastra itu sendiri yaitu untuk mengungkap bentuk serta faktor penyebab konflik batin. Hasil penelitian menyimpulkan: 1. Isi novel Layali Turkistan karya Najib al-Kailani yaitu tentang penjajahan Cina di negara Turkistan yang memiliki perbedaan ideologi. Tokoh aku yaitu Musthafa mengalami berbagai kesulitan selama penjajahan, seperti saat raja istana Komul ditangkap musuh, kemudian ia harus ikut berjuang untuk membela kemerdekaan negaranya. Musthafa juga berpisah dengan kekasihnya, Nagmatullail karena penjajah. Bahkan setelah ia dan kekasihnya bertemu kembali dan menikah, ia masih harus menghadapi kekejian para penjajah yang menyebabkan negaranya kalah pada akhirnya dan memaksa ia untuk meninggalkan negerinya sendiri. 2. Tokoh aku dalam novel Layali Turkistan mengalami dua bentuk konflik batin yaitu konflik mendekat-menjauh dan konflik menjauh-menjauh. 3. Faktor penyebab konflik batin pada tokoh aku dalam novel Layali Turkistan, peneliti menemukan lima faktor yaitu agresi, kehilangan, kepribadian, ketidakberdayaan, serta kognitif. Dengan demikian temuan baru hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik batin yang dialami tokoh aku dalam novel Layali Turkistan karya Najib Al-kailani memberikan pelajaran berharga bagi pembaca, karena tokoh aku dengan segala ancaman dan penderitaan yang dialaminya selama penjajahan komunis Cina terhadap negaranya, ia tetap berusaha melaluinya dan tidak menyerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syarah, Diana Nafitadiananafita1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Konflik Batin; Novel Layali Turkistan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Syarah Diana Nafita
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:50
Last Modified: 03 Aug 2018 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26067

Actions (login required)

View Item View Item