الصراع الباطني عند مريم في رواية ألف شمس مشرقة لخالد حسيني (دراسة أدبية نفسية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukaromah, Dewi Atiqotul (2018) الصراع الباطني عند مريم في رواية ألف شمس مشرقة لخالد حسيني (دراسة أدبية نفسية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Atiqotul Mukromah_A91214090.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Novel Alfu Syamsu Masyriqah bercerita tentang perjalanan hidup seorang gadis Afghanistan yaitu Mariam yang merupakan anak dari hubungan haram antara Nana dan Jalil. Kehidupan Mariam penuh dengan penderitaan, mulai dari perlakuan buruk ibunya “Nana”, pengkhianatan ayahnya “Jalil”, hingga kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan oleh suaminya “Rashed”. Mariam tidak berdaya melawan setiap penderitaan terutama kekerasan yang dilakukan oleh Rashed. Hal tersebut membuat Mariam selalu dihinggapi rasa takut dan khawatir. Dengan berjalannya waktu, Mariam bertemu keluarga baru yang menyayanginya yaitu Laila istri kedua Rashed beserta kedua anaknya Aziza dan Zalmai. Kehadiran mereka memberi kebahagiaan serta menambah kekuatan Mariam dalam menjalani kehidupannya. Hingga akhirnya Mariam meninggal pada hukuman mati/qisas karena membunuh Rashed demi untuk menolong Laila. Ringkasan cerita di atas menggambarkan bahwa novel ini menyuguhkan berbagai konflik yang menjadi daya tarik bagi pembaca sehingga menjadikannya novel bestseller pada tahun 2007. Selain itu, konflik yang disuguhkan novel ini juga mendorong peneliti untuk menganalisis konflik batin yang dialami oleh Mariam sebagai tokoh utamanya. Dalam analisis konflik batin ini peneliti membahas dua permasalahan, 1. Bagaimana bentuk konflik batin pada tokoh Mariam dalam novel “Alfu Syamsu Masyriqah” karya Khaled Hosseini?, dan 2. Apa faktor yang menyebabkan konflik batin pada tokoh Mariam dalam novel “Alfu Syamsu Masyriqah” karya Khaled Hosseini?. Untuk menjawab dua permasalahan tersebut peneliti menggunakan metode Deskriptif – Kualitatif dengan pendekatan Psikologi Sastra. Adapun hasil analisis konflik batin ini yaitu peneliti menemukan 17 data yang menunjukkan adanya konflik batin pada Mariam. Dari 17 data tersebut peneliti mengelompokkan sesuai bentuk konflik yaitu 2 data termasuk konflik mendekat-mendekat, 3 data termasuk menjauh-menjauh, dan 12 data termasuk konflik mendekat-menjauh. Sedangkan pada pembahasan kedua, peneliti menemukan lima faktor dari 6 faktor konflik menurut Sigmund Freud, yaitu 2 data faktor agresi, 1 data faktor rasa kehilangan, 5 data faktor kepribadian, 6 data faktor ketidakberdayaan, dan 3 data faktor perilaku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukaromah, Dewi Atiqotuldewi3056@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan
Uncontrolled Keywords: Konflik batin; psikologi sastra; novel; sastra Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Mukaromah Dewi Atiqotul
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:50
Last Modified: 03 Aug 2018 08:50
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26059

Actions (login required)

View Item View Item