Penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman karakter tokoh-tokoh cerita mata pelajaran bahasa indonesia kelas 3 MI Muhammadiyah 05 Palirangan Payaman Solokuro Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Putri Ayu (2018) Penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman karakter tokoh-tokoh cerita mata pelajaran bahasa indonesia kelas 3 MI Muhammadiyah 05 Palirangan Payaman Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Putri Ayu Handayani_D77214074.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena kurangnya pemahaman karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, materi mengomentari tokoh-tokoh cerita pada peserta didik kelas III MIM 05 Palirangan Payaman Solokuro Lamongan. Kurangnya pemahaman karakter tersebut dikarenakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran guru tidak menggunakan media dalam menjelaskan materi. Guru hanya menggunakan satu jenis metode yaitu ceramah saat mengajar yang menyebabkan peserta didik menjadi cepat bosan atau jenuh terhadap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, peneliti melakukan upaya untuk meningkatkan pemahaman karakter peserta didik melalui penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media audio visual.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana penerapan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman karakter tokoh-tokoh cerita mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 MI Muhammadiyah 05 Palirangan Payaman Solokuro Lamongan?, 2) Bagaimana peningkatan pemahaman karakter tokoh-tokoh cerita setelah penerapan media audio visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas 3 MI Muhammadiyah 05 Palirangan Payaman Solokuro Lamongan? Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan model Kurt Lewin, yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Adapun cara pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penggunaan media audio visual dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 81,25 dengan kriteria baik dan meningkat pada siklus II menjadi 95,53 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan hasil observasi peserta didik pada siklus I yaitu, 79,6 dengan kriteria cukup kemudian meningkat menjadi 95,5 dengan kriteria sangat baik pada siklus II. Peningkatan pemahaman peserta didik dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata dan prosesntase ketuntasan pemahaman peserta didik yang mengalami peningkatan dari pra siklus 67,9 dengan kriteria cukup meingkat menjadi 79,6 dengan kriteria cukup pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 94,0 kriteria sangat baik. Sedangkan prosesntase ketuntasan pemahaman diperoleh hasil dari pra siklus 33,3% kriteria kurang meningkat pada siklus I menjadi 66,7% kriteria cukup dan kembali mengalami peningkatan 94,4% kriteria sangat baik pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Putri Ayurianie1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Indonesia
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual : Pemahaman karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Handayani Putri Ayu
Date Deposited: 08 Aug 2018 03:18
Last Modified: 08 Aug 2018 03:18
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26049

Actions (login required)

View Item View Item