Strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik slow learner (pembelajar lamban) di sekolah inklusi: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Badrussalam Dukuh Pakis dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari 1 Jambangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Yaumi (2018) Strategi pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik slow learner (pembelajar lamban) di sekolah inklusi: studi multi kasus di Madrasah Ibtidaiyah Badrussalam Dukuh Pakis dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari 1 Jambangan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Yaumi Rahmawati_FO2A16214.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pada kenyataannya tidak semua guru mampu untuk mengajar peserta didik slow learner, karena kurang mendapat pelatihan mengenai cara menangani anak berkebutuhan khusus tersebut, sehingga strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih cenderung monoton dan belum mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik slow learner. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir slow learner, strategi pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir slow learner, serta faktor pendukung dan penghambat berikut solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir slow learner. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Dalam hal ini pendekatan studi kasusnya berupa penelitian terhadap kemampuan berpikir slow learner, strategi pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir slow learner, serta faktor pendukung dan penghambat berikut solusi yang ditawarkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir slow learner di MI Badrussalam Dukuh Pakis dan SDN Kebonsari 1 Jambangan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya menggunakan model Miles Huberman, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data bahwasannya: a. Kemampuan berpikir slow learner di kedua sekolah tersebut secara keseluruhan hampir sama. Perbedaannya terletak pada skor yang diperoleh slow learner pada masing-masing sekolah. b. Komponen strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir slow learner terbilang cukup unik dan berbeda dengan komponen strategi pembelajaran yang lain. Pertama menggunakan kurikulum reguler dengan modifikasi. Kedua penggunaan metode dan media pembelajaran yang konkrit, seperti memanfaatkan APE (balok, kata, papan titian, boneka tangan, dan sebagainya), serta menggunakan 2 jenis model kelas yakni kelas reguler (inklusi penuh) dan kelas reguler dengn pull out. Ketiga penggunaan sistem penilaian dengan acuan patokan, yakni penilaian yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik. c. Faktor pendukung di MI Badrussalam antara lain adanya ruang sumber, sharing, dan kerjasama antara guru kelas dengan GPK. Sedangkan faktor penghambatnya adalah terbatasnya jumlah GPK. Adapun solusinya antara lain memberikan rasa nyaman, metode beragam, serta bersikap tegas. Hampir sama dengan MI Badrussalam, yang berbeda dari faktor pendukung di SDN Kebonsari 1 antara lain semangat serta penerimaan yang baik dari teman-teman reguler, serta semangat GPK untuk menempuh pendidikan Psikologi. Faktor penghambatnya antara lain kurangnya kerjasama antara guru kelas dengan GPK, serta kurangnya perhatian orang tua. Adapun solusi yang ditawarkan antara lain melakukan sharing dengan wali murid ABK, memberi waktu tambahan belajar sesuai kebutuhan, dan memberi semangat atau reward.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Yaumirahmawatiyaumi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Psikologi Belajar
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; kemampuan berpikir slow learner
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rahmawati Yaumi
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:52
Last Modified: 06 Aug 2018 03:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26048

Actions (login required)

View Item View Item