Efek pemberian ekstrak buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap jumlah Neuron Embrio Mencit (Mus musculus)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Heny Utami (2018) Efek pemberian ekstrak buah Kurma Ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap jumlah Neuron Embrio Mencit (Mus musculus). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Heny Utami Ningsih_H71214016.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Malnutrisi atau kekurangan asupan gizi menumpulkan kecerdasan, struktur otak, jumlah sel, ukuran sel, organisasi sel, dan pembentukan myelin, terutama pada masa perkembangan otak. Upaya meningkatkan kualitas asupan gizi dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kurma, buah kurma memiliki kemampuan neuroprotectif melalui efek antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek pemberian ekstrak buah kurma ajwa (Phoenix dactylifera L.) terhadap jumlah neuron embrio mencit (Mus musculus). Penelitian ini menggunakan 24 ekor mencit betina yang dibagi menjadi empat kelompok. K1 kelompok kontrol yang diberi aquades, K2: diberi ekstrak 3.12 mg/kgBB; K3: diberi ekstrak 5.2 mg/kgBB; K4: diberi ekstrak 7.28 mg/kgBB mencit. Pemberian ekstrak dilakukan pada hari ke 14 sampai 18 kebuntingan secara oral sebanyak 0,2 ml. Setelah hari ke-19 kebuntingan dilakukan pembedahan bagian perut untuk mengeluarkan fetus dari uterus. Total sampel adalah 24 otak embrio mencit. Data dikumpulkan melalui pengamatan langsung gambar histopatologi neuron menggunakan mikroskop cahaya merk Nikon H600L yang dilengkapi dengan digital camera DS Fi2 300 megapixel dan software pengolah gambar Nikkon Image System. Pengujian hipotesis menggunakan oneway ANOVA. Hasil penelitian ini jumlah neuron yang mengalami degenerasi dan nekrosis masing-masing kelompok adalah K1 1.67±1,86 ; K2 2,00±2,53 ; K3 1,50±1,22 dan K4 2,17±1,32 dengan hasil uji statistik nilai p>0.05 yaitu p 0.916. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ekstrak daging buah kurma ajwa tidak berpengaruh secara signifikan terhadap jumlah neuron pada otak embrio mencit, tetapi terdapat pengaruh antar kelompok meskipun sangat kecil pada kelompok K1 dan K3 dimana K3 menunjukkan kemampuan neuroprotektif kurma dengan hasil degenerasi dan nekrosis lebih kecil dari kontrol. Mempelajari efek P. dactylifera L. dengan beberapa variasi dosis dan waktu pemberian dan juga penelitian tentang aktivitas enzim pembangkit radikal bebas untuk penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Heny Utamihenyutami07@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Kecerdasan
Uncontrolled Keywords: Phoenix dactylifera L.; neuron; Mus musculus
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ningsih Heny Utami
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:30
Last Modified: 03 Aug 2018 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26046

Actions (login required)

View Item View Item