Efektivitas bimbingan perkawinan bagi pemuda di Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wafda, Hayyinatul (2018) Efektivitas bimbingan perkawinan bagi pemuda di Kabupaten Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayyinatul Wafda_F52916007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang bimbingan perkawinan yang diselengarakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Jombang. Bimbingan perkawinan yang dimaksud adalah dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan, peningkatan pemahaman, dan keterampilan tentang kehidupan rumah tangga dan keluarga agar terbentuk keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Bimbingan perkawinan ini diberikan kepada calon pengantin sebelum melangsungkan akad nikah. Dalam penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana bimbingan perkawinan di Kabupaten Jombang?, 2) Bagaimana kepercayaan diri pemuda setelah mengikuti bimbingan perkawinan di Kabupaten Jombang?, dan 3) Bagaimana efektivitas bimbingan perkawinan bagi pemuda di Kabupaten Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di kecamatan Sumobito kabupaten Jombang. Sedangkan sumber data penelitian ini ada dua macam, sumber primer yaitu data dari hasil wawancara dengan informan yakni 10 pasang calon pengantin/20 peserta bimbingan perkawinan di Kabupaten Jombang yang usianya masih dalam kategori pemuda, sementara sumber skunder dihasilkan dari dokumen-dokumen penting yakni peserta bimbingan perkawinan, materi bimbingan perkawinan, serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi non partisipan dan wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan adalah mendapatkan data dari sumber pimer dan skunder, kemudian melakukan analisis deskriptif untuk menggambarkan fakta sesuai kondisi lapangan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa peserta bimbingan perkawinan di Kabupaten Jombang adalah mereka yang sudah mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) tetapi belum melangsungkan perkawinan. Setelah mengikuti bimbingan perkawinan, kepercayaan diri masing-masing calon pengantin meningkat karena mendapatkan materi-materi seperti perencanaan perkawinan menuju keluarga sakinah, mengelola dinamika perkawinan dan keluarga, memenuhi kebutuhan keluarga, menjaga kesehatan reproduksi keluarga, menyiapkan generasi yang berkualitas, dan mengelola konflik serta membangun ketahanan keluarga. Sehingga, peserta bimbingan perkawinan merasa siap untuk melanjutka pekawinan dan bimbingan perkawinan ini sangat efektif untuk memberikan modal bagi calon pengantin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wafda, Hayyinatulhayyin.alwafda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; bimbingan perkawinan; pemuda
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Wafda Hayyinatul
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:44
Last Modified: 03 Aug 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26033

Actions (login required)

View Item View Item