Komunikasi organisasi Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Desa Kedungturi dalam mempertahankan eksistensi anggota

Fauzi, Kholid (2018) Komunikasi organisasi Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama Desa Kedungturi dalam mempertahankan eksistensi anggota. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Kholid Fauzi_B76214076.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini adalah bagaimana cara komunikasi organisasi yang dilakukan antar anggota organisasi dan upaya apa saja yang dapat dilakukan anggota untuk mempertahankan eksistensi anggota dalam suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara komunikasi organisasi yang dilakukan antar anggota, untuk memahami bagaimana proses komunikasi organisai berlangsung, dengan internal maupun eksternal organisai, media yang digunakan untuk menjalin komunikasi organisasi, hambatan atau konflik yang terjadi pada suatu organisasi, motivasi dan upaya yang dilakukan untuk mempertahankan eksistensi jumlah anggota PR IPNU IPPNU Desa Kedungturi. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara alami dengan yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai proses komunikasi organisasi dalam mempertahankan eksistesi anggota. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teori budaya organisasi dan teori motivasi, sehingga akan diperoleh data. Proses komunikasi yang terlibat pada organisasi ini adalah komunikasi eksternal dan internal. Organisasi ini juga menggunakan pola komunikasi secara langsung dengan bertatap muka pada saat kegiatan formal maupun non formal. Maupun komunikasi secara tidak langsung yang dilakukan antar eksternal dan internal organisasi yaitu dengan mengunakan media online diantaranya adalah Whatsapp, Instagram dan Googledrive. Yang menjadi budaya atau ciri khas pada organisasi ini adalah memiliki blazer yang berlogo IPNU IPPNU Desa Kedungturi serta memiliki agenda kegiatan rutinan dan tahunan. Konflik yang dialami adalah masalah-masalah kecil yang terjadi antar internal anggotanya saja. Maka motivasi disini sangatlah diperlukan, dikarenakan jumlah anggota mengalami penurunan dipertengahan, kemudian mengalami kenaikan lagi di akhir masa kepengurusan, Meminimalisir konflik yang terjadi antar anggota organisasi dengan menjalin solidaritas, menyingkirkan egoisme dan memupuk selalu rasa saling menghargai dan menghormati agar IPNU IPPNU Kedungturi tetap jaya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurdin, Ali
Uncontrolled Keywords: Komunikasi organisasi; motivasi dalam mempertahanan eksistensi anggota
Subjects: Ilmu Komunikasi
Organisasi Masyarakat
Nahdlatul Ulama
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Fauzi Kholid
Date Deposited: 06 Aug 2018 08:13
Last Modified: 06 Aug 2018 08:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26019

Actions (login required)

View Item View Item