Peran BMT Pemberdayaan Usaha Mandiri Abadi (PUMA) terhadap perkembangan usaha mikro di wilayah kelurahan Brebek, Waru, Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Moch Sultonul (2018) Peran BMT Pemberdayaan Usaha Mandiri Abadi (PUMA) terhadap perkembangan usaha mikro di wilayah kelurahan Brebek, Waru, Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch Sultonul Arifin_C04212027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana Peran BMT PUMA Dalam Perkembangan Usaha Mikro di Wilayah Kelurahan Brebek, Waru, Sidoarjo. Perkembangan usaha mikro memiliki hubungan yang sangat eratdengan upaya pemberdayaan masyarakat miskin yang merupakan pelaku utama usaha tersebut. BMT PUMA sebagai salah satu lembaga keuangan syariah hadir sebagai solusi bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan sebagai wujud perkembangan aspirasi masyarakat yang menginginkan kegiatan perekonomian dengan berdasarkan prinsip syariah, sehingga dapat mengeluarkan masyarakat kecil dari kemiskinan dan dari jeratan rentenir. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yakni penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang dengan menyajikan data, menganalisis, dan menginterpretasikannya. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan cara observasidan wawancara dimana peneliti terlibat langsung dengan pihak BMT PUMA.Sedangkan dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan dokumen-dokumen yang ada hubungannya dengan perkembangan usaha mikro. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran BMT PUMA dalam perkembangan Usaha Mikro Kecil di kelurahan Brebek, Waru, Sidoarjo terdiri dari menghindari praktek riba, menanamkan jiwa wirausaha, mengadakan pembinaan dan pelatihan, menyediakan modal/pembiayaan, melakukan pendampingan dan pengawasan sertameningkatakan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).Wujud dari peran yang dilakukan oleh BMT PUMA adalah menurunnya praktek Riba yang terjadi di wilayah kelurahan Brebek, munculnya pelaku-pelaku baru dalam usaha mikro sehingga berdampak langsung terhadap meningkatnya jumlah pembiayaan usaha mikro yang ada di BMT PUMA. Namun semua peran BMT PUMA yang dilakukan belum cukup optimal dikarenakan masih minimnya ketersidaan dana operasional dan kurangnya keahlian khusus para pegawai serta kurang efektifnya strategi yang diterapkan oleh pihak BMT PUMA. Pemberian informasi mengenai perkembangan terkini dunia usaha dapat membantu para pelaku usaha mikro dalam meningkatkan perkembangan usaha mereka. Selain itu peningkatan kinerja serta pengembangan produk-produk BMT PUMA juga penting agar masyarakat semakin tertarik dalam melakukan transaksi keuangan dengan pihak BMT PUMA.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Moch Sultonulmochsultonularifin@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Wirausaha
Uncontrolled Keywords: BMT PUMA; usaha mikro; masyarakat Brebek
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Arifin Moch Sultonul
Date Deposited: 06 Aug 2018 02:55
Last Modified: 06 Aug 2018 03:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26016

Actions (login required)

View Item View Item