Pengorganisasian masyarakat hutan melalui sistem agroforestri menuju kampung iklim di Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakariya, A. Fahmi (2018) Pengorganisasian masyarakat hutan melalui sistem agroforestri menuju kampung iklim di Desa Siki Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
A. Fahmi Zakariya_B72214013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kurangnya pelestarian hutan secara maksimal dipengaruhi oleh beberapa aspek yaitu sistem pertanian hutan yang menurut akibat dari perubahan iklim, menurunnya partisipasi masyarakat dalam mengelola hutan, serta belum terlaksananya program pengelolaan hutan dalam tanggap perubahan iklim, karena keberadaan hutan mempunyai pengaruh bagi terjadinya perubahan iklim. Kurangnya pengelolaan hutan berakibat pada rusaknya keseimbangan hutan seperti menurunnya vegetasi tutupan lahan, terganggunya keseimbangan ekosistem kehidupan di kawasan hutan berupa erosi, kekeringan, dan menurunnya sumber daya hutan yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Riset) yang melakukan penelitian bersama masyarakat dengan langkah-langkah partisipasi melalui proses pemetaan partipatif, orientasi kawasan secara bersama, mencari dan melihat masalah, peroganisiran masyarakat, merencanakan strategi pemberdayaan dalam perubahan, melaksanakan aksi perubahan, perluasan skala gerakan, evaluasi dan refleksi. Dalam penelitian pemberdayaan ini peneliti menggukan aktor-aktor lokal di masyarakat dalam melancarkan proses-proses pemberdayaan, dan menjadi pengorganisir bagi masyarakat yang lainya. Startegi yang digunakan untuk mengembangakan pengelolaan hutan yaitu pengelolaan hutan secara terpadu menuju program kampung iklim sebagai upaya untuk melestarikan hutan dan menyiapkan masyarakat dalam beradaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim. Dengan melalui kegiatan sekolah agroforestri dalam program kampung iklim, pengembangan kapasitas kelompok dalam usaha pengelolaan hutan, dan membangun keberlanjutan program agar pelastarian hutan tetep terus dijalankan. Perubahan yang terjadi di masyarakat setelah adanya kegiatan ini adalah mulai adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya konservasi dalam pelestrian hutan melalui kegaiatan pengelolaan hutan terpadu, serta adaptasi masyarakat dalam perubahan iklim melalui kegiatan usaha antisipasi terjadinya iklim ekstrim, dan mitigasi masyarakat dalam peruabahan iklim melalui untuk mengurangi kejadian peruabahan iklim yang mempengaruhi keseimbangan kehidupan masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakariya, A. Fahmifahmizakariya@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Masyarakat
Pemberdayaan
Uncontrolled Keywords: Pengorganisasian; Agroforestri; Program kampung iklim
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zakariya A. Fahmi
Date Deposited: 07 Aug 2018 01:08
Last Modified: 07 Aug 2018 01:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26013

Actions (login required)

View Item View Item