Limit of detection (LOD) fragmen DNA pengkode gen Sitokrom B (cyt b) babi (sus scrofa)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Larasati, Dita Umi Rosidah (2018) Limit of detection (LOD) fragmen DNA pengkode gen Sitokrom B (cyt b) babi (sus scrofa). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dita Umi Rosidah Larasati_H71214008.pdf

Download (3MB)

Abstract

UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan Lembaga Pendidikan berbasis agama Islam dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan secara Ilmiah. UINSA telah memiliki halal center yang fungsinya dapat melakukan pengujian kehalalan makanan menggunakan teknologi Biologi molekular yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang pesat. Limit of Detection (LOD) dapat menjadi dasar penentuan dalam melakukan deteksi sampel pada makanan yang diduga mengandung gen babi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsentrasi minimum yang diperlukan dalam mendeteksi fragmen DNA pengkode gen sitokrom b (cyt b) pada babi dengan menggunakan PCR (Polymerase Chain Reaction). Suhu yang digunakan antara lain: 98oC – 1 menit; 95oC – 30 detik; 61oC – 30 detik; 72oC – 40 detik; 72oC – 3 menit; 4oC – untuk penyimpanan. Beberapa Konsentrasi yang digunakan untuk pengujian adalah 100 ng, 10 ng, 1 ng, 100 pg, 10 pg, 1 pg. 10-1 pg, 10-2 pg, 10-3 pg, 10-4 pg, 10-5 pg, dan 10-6 pg. Hasil menunjukkan bahwa pada pada konsentrasi minimum 10-6 pg, band DNA masih muncul sebesar ±149 bp dengan divisualisasikan menggunakan elektroforesis. Nilai rata-rata kemurnian DNA juga diperoleh antara 1,7-1,9 sehingga DNA yang diperoleh memiliki tingkat kemurnian yang baik. Pada penelitian ini Nilai Limit of Detection ditentukan pada konsentrasi 10-6 pg dengan munculnya band DNA pengkode gen cyt b babi yaitu ±149 bp, sensitivitas yang tinggi pada konsentrasi 10-6 pg yang dihasilkan pada penelitian ini menunjukkan spesifikasi laboratorium yang baik di UIN Sunan Ampel Surabaya untuk dijadikan acuan dalam mendeteksi produk-produk yang diduga tercemar babi sebagai pengujian kehalalan makanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Larasati, Dita Umi Rosidahditameyme@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Uncontrolled Keywords: Limit of Detection; DNA cyt b Babi; PCR
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Larasati Dita Umi Rosidah
Date Deposited: 03 Aug 2018 07:04
Last Modified: 03 Aug 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26008

Actions (login required)

View Item View Item