إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة الكلام على أساس الموضوعات النّحوية في كتاب الشيخ العمريطي للصفّ الثاني بالمدرسة الثانوية " منبع الصّالحين" سوجي غرسيك

Ghofur, Abdul (2018) إعداد المواد التعليمية لتنمية مهارة الكلام على أساس الموضوعات النّحوية في كتاب الشيخ العمريطي للصفّ الثاني بالمدرسة الثانوية " منبع الصّالحين" سوجي غرسيك. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abdul Ghofur_F12616300.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mengungkapkan bahasa (al-Ta’bir an al-Lughah) merupakan tujuan utama yang tidak boleh diabaikan dalam mempelajari bahasa karena hakikat bahasa merupakan alat komunikasi, namun dalam praktinya, dipondok pesantren Mambaus Sholihin secara khusus dan pondok pondok salaf secara Umum, Kebanyakan mereka hanya mempelajari kaidah kaidah nahwu hingga mendalam, dan sedikit sekali yang melatih kemampuan untuk berbicara sehingga merasa kesulitan untuk berbicara, Dari permasalahan diatas maka penulis berinisiatif untuk membuat bahan ajar yang mengkolaborasikan antara pembelajaran nahwu dan peningkatan maharah kalam. Adapun rumusan masalahnya adalah : 1. Bagaimanakah pembuatan bahan ajar berdasarkan tema - tema nahwu dalam kitab imrithy untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 A di MTs. Mambaus Sholihin ? Seberapa efektif bahan ajar berdasarkan tema - tema nahwu dalam kitab imrithy untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 A di MTs. Mambaus Sholihin ? Tujuan pembelajaran ini adalah : 1. Untuk mengetahui pembuatan bahan ajar berdasarkan tema - tema nahwu dalam kitab imrithy untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 A di MTs. Mambaus Sholihin 2. Untuk mengetahui seberapa efektif bahan ajar berdasarkan tema - tema nahwu dalam kitab imrithy untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas 2 A di MTs. Mambaus Sholihin. Adapun kegunaan penelitian ini dapat disimpulkan dalam dua aspek, yaitu : 1. Aspek teori, Penelitian ini merupakan pengembangan dari teks teks kitab yang telah ada, 2. Aspek Praktik, Penelitian ini dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa arab.Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian pengembangan (R & D) dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun instrument yang digunakan penulis adalah melalui tes, paparan data dan wawancara, Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Pembuatan ajar menghasilkan kitab pembelajaran dengan tema: Durus al-Lughah al-Arabiyah ala al-Maudhu’ah al-Nahwiyah li al-Tanmiyah maharah al- Kalam, dan mendapatkan nilai 74, 5 %, artinya bahan ajar tersebut layak untuk dijadikan pembelajaran.2. Bahan ajar yang dibuat peneliti terbukti efektif sesuai dengan hitungan “ t test “ dengan sekor 9,23 dan melihat margin eror dalam “t table” dengan sekor 2,021 . jika t test lebih besar dari t table maka design pembelajaran efektif. sebaliknya, jika t hitung lebih kecil daripada t table maka design pembelajaran tidak efektif. Dengan demikian, implikasi temuan baru dari hasil penelitian ini bahwa produk yang telah dibuat oleh peneliti dengan judul دروس اللغة العربية على الموضوعات النّحويّة dinilai efektif dan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa MTs. Mambaus Sholihin Suci Gresik.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Hamid, Mas'an
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Keterampilan Berbicara; Kaidah Nahwu
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ghofur Abdul
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:51
Last Modified: 03 Aug 2018 06:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26005

Actions (login required)

View Item View Item