PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV MI AL JAMIYATUL WASHLIYAH PADEMAWU PAMEKASAN

Aziz, Abdul (2015) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAQ DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS IV MI AL JAMIYATUL WASHLIYAH PADEMAWU PAMEKASAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar akidah akhlak bagi anak kelas IV MI. Disinyalir hal demikian terjadi karena metode yang kurang tepat. Maka, dipilihlah metode diskusi untuk menyelesaikan permasalahan ini. Oleh karena itu, Peneliti menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana penggunaan metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas IV MI al Jamiyatul Washliyah Pademawu Pamekasan. 2) Ingin mengetahui apakah dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran akidah akhlak, dapat meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan desain PTK yang terperinci dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdiri dari satu pertemuan dan siklus II juga satu pertemuan. Subyek penelitian adalah sejumlah populasi 25 siswa kelas IV MI Al Jamiyatul Washliyah Pademawu Pamekasan.
Berdasarkan hasil observasi pada tahap pra siklus diketahui bahwa semua siswa belum memiliki motivasi belajar sesuai yang diharapkan. Skor nilai yang diperoleh rata-rata hanya 58,33. Selanjutnya siswa diajar dengan menggunakan metode diskusi sehingga skor motivasi belajar rata-rata siswa di setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus pertama nilai rata-rata motivasi belajar adalah 76,2 dan meningkat pada siklus kedua menjadi 82,6. Maka, penelitian ini dicukupkan pada siklus kedua karena keterbatasan waktu bagi peneliti dan hasil observasi pada siklus kedua sudah mencapai keberhasilan dengan kategori “Baik”. Dikatakan demikian karena sudah sesuai dengan yang diharapkan yaitu nilai rata-rata motivasi belajar siswa yaitu 80.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Mudlofir
Uncontrolled Keywords: Metode; Diskusi; Motivasi Belajar; Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Hanafi
Date Deposited: 07 Nov 2015 12:54
Last Modified: 07 Nov 2015 12:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/2599

Actions (login required)

View Item View Item