التناص القرآني في مسرحية "مسمار جحا" لعلى أحد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghani, Haikal (2018) التناص القرآني في مسرحية "مسمار جحا" لعلى أحد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Haikal Ghani_A71214037.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Ali Ahmad Bakatsir adalah seorang sastrawan keturunan Yaman dan Indonesia yang menjadi pelopor drama sastra Arab modern. Ibu Ali Ahmad Bakatsir bernama Nur Bobsaid adalah orang Surabaya dan ayahnya bernama Ahmad Bakatsir adalah orang Hadhramaut. Ia hidup pada tahun 1910-1969. Pada masa kecilnya dia belajar di Indonesia pada ulama-ulama Nusantara. Kemudian ia pindah ke Mesir menggeluti sastra pada usia 10 tahun. Ali Ahmad Bakatsir memberikan Kontribusi sangat nyata di bidang sastra. Ia dikenal sebagai novelis, cerpenis dan penulis skenario drama, banyak karya sastra yang lahir dari kepandaiannya diantaranya drama mismar juha yang didalamnya terdapat kata-kata dan ungkapan yang indah. Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk mengkaji salah satu karya Ali Ahmad Bakatsir (mismaru juha) dari sisi keterpengaruhannya pada karya-karya sastra, dari karya apa ia terpengaruh model pemikirannya, serta bagaimana bentuk keterpengaruhan itu sehingga menghasilkan sebuah karya yang sangat indah. Penelitian ini dilakukan pada objek sebuah drama dengan judul mismaru juha karya Ali Ahmad Baktsir yang ditinjau dari kajian interteks. Data yang digunakan adalah seluruh aspek kebahasaan dan kesusastraan, baik berupa kata, kalimat atau wacana yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam penelitian ini. Adapun beberapa hasil analisis yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat diperoleh beberapa data diantaranya; terdapat 21 teks percakapan yang mengandung interteks dari alquran, 19 teks berupa interteks langsung dan yang lain berupa interteks tidak langsung. Dengan demikian, jelaslah bahwa dalam karya drama mismaru juha karya Ali Ahmad Baktsir terdapat unsur-unsur interteks atau keterpengaruhan Ali Ahmad Baktsir dari alquran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghani, Haikalhaikalghani24@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Sastra
Uncontrolled Keywords: التناص القرآنى; مسرحية مسمار جحا لعلى أحمد باكثير
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ghani Haikal
Date Deposited: 03 Aug 2018 08:02
Last Modified: 03 Aug 2018 08:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25976

Actions (login required)

View Item View Item