Studi komparasi pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan anak dalam keluarga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Miftakhul (2018) Studi komparasi pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan tentang metode pendidikan anak dalam keluarga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
MIFTAKHUL JANNAH_D71214067.pdf

Download (20MB)

Abstract

Metode merupakan salah satu unsur terpenting dalam keberhasilan proses pendidikan. Tanpa adanya metode yang tepat maka akan sulit tercapainya tujuan dalam suatu pendidikan. Dan dalam hal ini penulis memiliki ketertarikan untuk meneliti komparasi metode dari pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan. Hal tersebut didasari dari rasa keingintahuan terhadap seberapa besar persamaan dan perbedaan diantara kedua metode yang dikemukakan oleh kedua tokoh tersebut. Karena baik Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan merupakan ilmuwan yang memiliki sumber metode yang berbeda, metode Montessori berasal dari hasil penelitian sedangkan metode Abdullah Nashih Ulwan berasal dari Al-Qur’an dan Hadist. Dan juga didasari oleh keprihatinan pada para orangtua yang seringkali menyamakan metode yang mereka gunakan untuk mendidik anaknya tanpa memperhatikan kebutuhan anak yang sebenarnya. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, yang menjadi pertanyaan adalah Bagaimana pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan mengenai metode pendidikan anak dalam keluarga? Kemudian Bagaimana analisis perbandingan pemikiran Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan mengenai metode pendidikan anak dalam keluarga? Serta Apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode pendidikan anak menurut Maria Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan? Untuk memperoleh hasil penelitian, penulis menggunakan model library research dengan pendekatan deskriptif terhadap data (primer dan sekunder) yang bersifat kualitatif dan didukung dengan metode content analysis(analisis isi) dan komparatif. Hasil penelitian yang diperoleh mengenai metode pendidikan anak dalam keluarga menurut Montessori dan Abdullah Nashih Ulwan adalah metode pendidikan yang digunakan haruslah sesuai dengan tahap perkembangan anak, agar anak mudah memahami apa yang diajarkan. Dan juga perlunya memberi anak kebebasan sesuai dengan kebutuhan. Adapun perbedaan dan persamaan antara metode keduanya terletak pada konsep atau ide mengenai metode seperti tentang pendapat keduanya tentang potensi yang dimiliki anak sejak lahir. Dan dari metodenya terletak pada segi pelaksanaan metodenya. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak ada metode yang efektif diterapkan secara mandiri, antara satu metode dengan metode yang lain saling berkaitan dan saling melengkapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, MiftakhulMiftakhulj827@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Anak
Keluarga
Pemikiran
Keywords: metode pendidikan anak dalam keluarga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jannah Miftakhul
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:58
Last Modified: 07 Aug 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25974

Actions (login required)

View Item View Item