Karakter Fenotip Kepuh (Sterculia foetida L.) di Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jayanti, Tri (2018) Karakter Fenotip Kepuh (Sterculia foetida L.) di Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Suna Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Jayanti_H71214013.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kepuh (Sterculia foetida L.) merupakan golongan pohon yang memiliki ukuran besar dengan tinggi ± 45 m dan ditetapkan sebagai flora khas Kabupaten Lamongan. Masyarakat setempat menganggap kepuh sebagai tanaman yang mistis. Menurut IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) tahun 2011 menetapkan bahwa S. foetida termasuk dalam kategori jenis tanaman yang terancam punah. Hal ini menjadi suatu alasan bahwa tanaman kepuh (Sterculia foetida L.) perlu dilakukan konservasi dan dibudidayakan. Perbedaan lokasi dataran rendah, bukit, dan pesisir berpotensi memiliki karakter fenotip yang berbeda. Hal ini penting untuk dipelajari informasi penentuan langkah awal konservasi. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan karakter fenotip kepuh (Sterculia foetida L.) di daerah dataran rendah (Kecamatan Maduran), bukit (Kecamatan Ngimbang), dan pesisir (Kecamatan Paciran) yang ada di Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan data berupa deskriptif kuantitatif (diameter batang, berat buah, lebar daun, dan panjang daun) dan kualitatif (ujung daun, pangkal daun, tepi daun, daging daun, warna daun, permukaan daun, daun majemuk, bentuk batang, permukaan batang, arah tumbuh batang, jenis tumbuhan, buah sejati, permukaan buah, dan warna buah). Penelitian ini dilakukan selama bulan Mei-Juni 2018. Sampel dilakukan secara purposive sampling. Analisis fenotip dilakukan dengan membandingkan karakter fenotip kepuh yang tumbuh di tiga aksesi tersebut dengan program Statistical Pangcakefor the Social Sciences 16.00 (SPSS). Perbedaan di lanjutkan dengan uji jarak berganda (DMRT) pada taraf uji 5%. Hasil data kuantitatif menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada diameter batang (268,80a), luas daun dewasa (5000ab), panjang daun tua(198.20a), dan berat buah (254,60). Sedangkan pada data kualitatif tidak menunjukan perbedaan yang nyata pada daun, buah dan batang. Lokasi terbaik tumbuh kepuh untuk dibudidayakan adalah daerah bukit.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jayanti, Tritjayanti567@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Uncontrolled Keywords: Kepuh (Sterculia foetida L.); Karakter Fenotip
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Jayanti Tri
Date Deposited: 02 Aug 2018 08:47
Last Modified: 02 Aug 2018 08:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25960

Actions (login required)

View Item View Item