Hubungan Manajemen Inovasi dengan kreativitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiya, Dewi Ningrum (2018) Hubungan Manajemen Inovasi dengan kreativitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dewi Septiya Ningrum_D73214023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen inovasi dengan kreativitas pegawai di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur (Kanwil Kemenag Provinsi Jatim) meliputi, penerapan manajemen inovasi dan penerapan kreativitas pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim serta ada tidaknya hubungan manajemen inovasi dengan kreativitas pegawai dan seberapa besar intensitas hubungan antara manajemen inovasi dengan kreativitas pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah pegawai Kanwil Kemenag Provinsi Jatim dalam Bidang Pendidikan Madrasah, Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren dan Bidang Tata Usaha dan Kepegawaian Ortala sebagai informan kunci serta Kepala Bidang Tata Usaha dan Kepala Seksi Pendidikan Diniyah sebagai informan pendukung. Objek penelitian ini adalah hubungan manajemen inovasi dengan kreativitas pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan bantuan aplikasi spearman korelasi dan pengambilan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukan bahwa : (1) penerapan manajemen inovasi di Kantor Wilayah sebagai upaya menyempurnakan yang sudah ada dan mengkreasi hal baru yang lebih baik, inovasi akan mempercepat kerja dan proses untuk mencapai tujuan. (2) penerapan kreativitas pegawai di Kanwil Kemenag Provinsi Jatim sangat didukung oleh pimpinan dengan cara mengombinasikan kemampuan ide-ide yang dikembangkan oleh masing-masing pegawai dan memahami pemikiran-pemikiran kreatif oleh setiap pegawai di dalam instansi untuk meningkatkan potensi pemikiran baru yang saling melengkapi. (3) Diantara manajemen inovasi dengan kreativitas pegawai terdapat hubungan karena kreativitas mendorong inovasi untuk membantu lembaga dalam menjalankan tugasnya, dimana inovasi harus dikelola oleh seorang pemimpin yang disebut manajemen inovasi sehingga tercapai penyelesaian terhadap ide-ide baru. (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen inovasi dan kreativitas pegawai di Kantor Wilayah. Diperoleh hasil korelasi spearman sebesar 0,772 dan Sig. (2-tailed) sama dengan 0,00 yang berarti terdapat hubungan yang kuat, signifikan dan searah. Hal ini berarti semakin besar manajemen inovasi yang dilakukan maka semakin tinggi pula nilai kreativitas para pegawainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiya, Dewi Ningrumdewiseptiya22@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Hubungan; manajemen inovasi; kreativitas pegawai; Kanwil Kemenag Provinsi Jatim
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ningrum Dewi Septiya
Date Deposited: 03 Aug 2018 06:39
Last Modified: 03 Aug 2018 06:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25942

Actions (login required)

View Item View Item