Peningkatan religiusitas siswa melalui budaya sekolah: studi kasus di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dan MINU PUCANG Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatchana, Diana Tofan (2018) Peningkatan religiusitas siswa melalui budaya sekolah: studi kasus di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dan MINU PUCANG Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Diana Tofan Fatchana_F12316226.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang peningkatan religiusitas siswa melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 12 Surabaya dan MINU PUCANG Sidoarjo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui budaya religius yang diterapkan, peningkatan religiusitas siswa melalui budaya sekolah dan faktor pendukung, penghambat dan solusi dalam menerapkan budaya religius di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitan jenis kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus pada sekolah dan madrasah. Metode pengumpulan data dalam tesis ini menggunakan wawancara, observasi,dokumentasi dan skala sikap. Hasil penelitian menujukkan bahwa upaya yang dilakukan sekolah untuk menciptakan budaya religius yaitu melalui pembiasaan pagi yang melipuiti shalat berjama’ah, membaca dan menghafal Al Qur’an, berjabat tangan dan mengucapkan salam dengan guru, mengadakan ekstrakurikuler tahfidz dan keagamaan, muraja’ah hingga pemantapan ibadah. Sedangkan tingkat religiusitas siswa melalui budaya sekolah ini tercermin dari sikap siswa untuk disiplin dalam menjalankan ibadah, sikap yang penuh sopan santun terhadap guru, teman dan lingkungan sekolah, menjaga batas pergaulan antarsiswa dan cinta untuk membaca dan menghafalkan Al Qur’an. Faktor pendukung dalam menerapkan budaya religius di sekolah melalui adanya komitmen dan berani untuk berinovasi, dukungan dari orangtua dan kerjasama guru dalam mengawasi dan mendampingi siswa serta keteladanan guru Sedangkan faktor penghambat dalam menerapkan budaya religius yaitu kurangnya dukungan orangtua, kesadaran dan keteladanan guru untuk menjadi contoh yang baik bagi siswa, serta evaluasi yang tidak maksimal. Pada hakikatnya membentuk budaya religius dan karakter religiusitas siwa memerlukan komitmen, kompetensi, dan konsistensi dalam pelaksanaanya. Terlebih dari itu, keteladanan guru adalah menjadi faktor dominan di sekolah dalam memberikan contoh yang baik bagi siswa sehingga secara langsung atau tidak, siswa akan meniru apa yang dilakukan oleh guru . Oleh karena itu, pentingnya menjaga sikap dan tutur kata bagi seorang guru agar tercbentuk generasi yang unggul dalam karakter dan cerdas dalam akademik maupun non akademik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatchana, Diana Tofanfraudianfa@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Keywords: Budaya religius; Religiusitas siswa; Keteladanan guru
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatchana Diana Tofan
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:47
Last Modified: 02 Aug 2018 07:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25933

Actions (login required)

View Item View Item