Perbedaan efek pemberian getah tanaman yodium (Jatropha multifida), jarak pagar (Jatropha curcas) dan povidone iodine 10% terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit (Mus musculus)

Andiana, Mashita (2018) Perbedaan efek pemberian getah tanaman yodium (Jatropha multifida), jarak pagar (Jatropha curcas) dan povidone iodine 10% terhadap penyembuhan luka sayat pada mencit (Mus musculus). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mashita Andiana_H71214012.pdf

Download (1MB)

Abstract

Luka sayat adalah luka yang biasanya ditimbulkan oleh irisan benda yang bertepi tajam. Povidone iodine merupakan antiseptik yang sering kali digunakan dalam penyembuhan luka,namun penggunaan iodine berlebih dapat menghambat granulasi luka. Terdapat 2 tanaman dari Genus Jatropha yang dapat digunakan sebagai obat penyembuhan luka sayat, yaitu Jatropha multifida dan Jatropha curcas. Pada getah tanaman tersebut mengandung flavonoid, tannin, saponin dan alkaloid yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek dari getah tanaman Genus Jatropha terhadap penyembuhan luka sayat, yang diujikan pada 24 ekor mencit jantan yang dibagi kedalam 4 kelompok perlakuan yaitu, kontrol, dengan povidone iodine, dengan Jatropha multifida, dan dengan Jatropha curcas. Area punggung mencit disayat sebesar 0.5cm. Frekuensi pemberian obat adalah 2x sehari sebanyak 2 tetes. Parameter dari penelitian meliputi diameter luka, keadaan luka dan lama penyembuhan luka (hari). Hasil pengamatan diameter luka menunjukan bahwa nilai p>0.05 yang berarti tidak terdapat perbedaan antar kelompok perlakuan. Hasil pengamatan lama penyembuhan luka menunjukan bahwa nilai p<0.05 yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Penyembuhan luka paling lama adalah kelompok luka tanpa perlakuan, dan paling cepat adalah kelompok Jatropha curcas. Yang berarti bahwa Jatropha curcas paling berpengaruh dalam mempercepat penyembuhan luka sayat.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Prakarsa, Tatag Bagus Putra
Uncontrolled Keywords: Luka Sayat; Jatropha multifida; Jatropha curcas; Mencit
Subjects: Biologi
Kesehatan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Andiana Mashita
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:11
Last Modified: 02 Aug 2018 07:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25932

Actions (login required)

View Item View Item