Aktivitas Hepatoprotektif dari ekstrak Kurma Ruthab (Phoenix dactylifera) pada sayatan Histologi Hepar Mencit (Mus musculus) betina yang diinduksi Paracetamol

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nahdiyah, Nurul (2018) Aktivitas Hepatoprotektif dari ekstrak Kurma Ruthab (Phoenix dactylifera) pada sayatan Histologi Hepar Mencit (Mus musculus) betina yang diinduksi Paracetamol. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Nahdiyah_H71214018.pdf

Download (11MB)

Abstract

Parasetamol (PCT) adalah obat yang biasa dipakai sebagai antipiretik analgesik. Hati (hepar) merupakan organ yang berperan dalam sistem detoksifikasi dan metabolisme tubuh. Kurma ruthab (Phoenix dactylifera) merupakan buah yang digunakan untuk agen hepatoproteksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan berbagai perbandingan dosis dari ekstrak kurma ruthab (Phoenix dactylifera) terhadap sayatan histologi hepar mencit (Mus musculus) dan untuk mengetahui aktivitas hepatoprotektif dari ekstrak kurma ruthab (Phoenix dactylifera) terhadap sayatan histologi hati mencit (Mus musculus) betina yang telah diinduksi paracetamol. Metode pada penelitian ini adalah pada kelompok pre eksperimen dan kelompok eksperimen. Kelompok pre eksperimen yaitu mencit di induksi hanya dengan kurma ruthab dosis 1, 3, dan 7. Sedangkan pada kelompok eksperimen yaitu mencit diinduksi dengan paracetamol dan kurma ruthab (Phoenix dactylifera) dosis 7 + paracetamol. Hasil pada penelitian ini, pada kelompok pre eksperimen tidak terdapat perbedaan antara berbagai dosis ekstrak kurma ruthab (Phoenix dactylifera) yang telah diberikan. Sedangkan hasil kelompok eksperimen yaitu tidak terdapat aktivitas hepatoproteksi pada ekstrak kurma ruthab (Phoenix dactylifera) dan dosis paracetamol yang telah diberikan, tetapi terdapat penurunan rerata skor nekrosis dari angka 4.4 ke 2,8. Kesimpulan penelitian ini adalah rerata skor nekrosis setalah pemberian ekstrak kurma ruthab (Phoenix dactylifera) pada kelompok pre eksperimen dan kelompok eksperimen tidak menujukkan perbedaan yang signifikan, meskipun pada kelompok eksperimen menunjukkan adanya penurunan rerata skor nekrosis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nahdiyah, Nurulnurulnahdiyah1996@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Biologi
Pendidikan > Penelitian
Penelitian
Uncontrolled Keywords: Paracetamol; Kurma Ruthab; Nekrosis Sel Hepar
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Nahdiyah Nurul
Date Deposited: 02 Aug 2018 07:13
Last Modified: 02 Aug 2018 07:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25931

Actions (login required)

View Item View Item