Burdah Community studi kontstruksi kehidupan pemuda Dusun Tanjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriani, Luluk (2018) Burdah Community studi kontstruksi kehidupan pemuda Dusun Tanjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Luluk Fitriani_F52916013.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ditengah banyaknya organisasi kepemudaan yang dicitrakan negatif yang identik dengan kenakalan, hura-hura dan juga kekerasan, maka perlu adanya organisasi atau komunitas yang cocok untuk pemuda. Salah satunya dengan adanya komunitas Burdah Community yaitu organisasi yang melakukan aktifitas sholawat untuk para pemuda dengan cirri khas tersendiri. Dalam penelitian ini peneliti mengkaji permasalahan berikut: (1)Bagaimana aktifitas pemuda sebelum ada program Burdah Community Dusun Tanjung Desa Bajeman kecamatan Tragah kabupaten Bangkalan, (2) Bagaimana aktifitas pemuda setelah ada program Burdah Community Dusun Tarjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, (3) Bagaimana Burdah Community bias merubah kehidupan pemuda Dusun Tarjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data pengamatan dan wawancara. Metode ini dipilih dengan metode pendekatan Sosiologiagar data penelitian bersifat mendalam dan menyeluruh mengenai fenomena yang terjadi pada keadaan pemuda yang ada di Dusun Tanjung Desa Bajeman. Untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah dapat disimpulkan , Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukaan bahwa: (1) Metode yang dilakukan oleh Burdah Community dalam merubah karaker pemuda Dusun Tanjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan adalah metode pendekatan sosilogi, metode perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan lain-lain, secara holistik dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah. (2) Hasil dari metode tersebut adalah banyak pemuda yang ikut dan berkumpul dalam organisasi ini, banyak yang merasakan efek positif dari kegiatan sholawat ini secara sering sehingga mereka menjadi terbiasa bersholawat, banyak pemuda yang sadar atas perilaku jelek yang mereka lakukan, penokohan dari seorang pemuda telah membawa ide yang baru dan baik yang dapat dicontoh oleh para pemuda Dusun Tanjung Desa Bajeman Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriani, Luluklulukfitriani52@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Organisasi Masyarakat
Pemuda Islam
Tradisi Islam
Uncontrolled Keywords: Komunitas; Pemuda; Fenomenologi
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Fitriani Luluk
Date Deposited: 06 Aug 2018 02:55
Last Modified: 06 Aug 2018 02:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25927

Actions (login required)

View Item View Item