Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayat, Mirza Musta'inul (2018) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El Shirazy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mirza Musta'inul Hidayat_D01213026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Novel Ayat-Ayat Cinta 2, merupakan novel yang dikarang oleh Habiburrahman El Shirazy. Novel ini menceritakan tentang kisah lika-liku kehidupan seorang tokoh bernama Fahri seorang dosen Indonesia yang kini tinggal di Edinburgh, Skotlandia. Di tengah keputusasaannya dalam menghadapi istrinya yang hilang di Palestina Fahri berusaha menghibur dirinya dengan larut di dalam kesibukan dan berbagai aktivitas seorang dosen agar bisa sekadar menghilangkan bayangan istri tercintanya dari pikirannya sembari berharap mereka akan dipertemukan kembali suatu saat nanti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengambilan datanya peneliti menggunakan metode dokumentasi, karena sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber tertulis, yang sumber primernya berupa novel karangan Habiburrahman El Shirazy berjudul “Ayat-Ayat Cinta 2”. Sedangkan metode analisanya menggunakan metode analisis isi dengan teknik induksi, deduksi, dan interpretasi. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu untuk mencari; 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2, dan 2) Relevansi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat di dalam novel Ayat-Ayat Cinta 2, terhadap isi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel “Ayat-Ayat Cinta 2” karya Habiburrahman El Shirazy mengandung tiga macam nilai pendidikan Islam yang terdiri dari: nilai akidah/keimanan (meliputi iman kepada Allah, iman kepada Hari Akhir, dan iman kepada kitab Allah), nilai syariah/ibadah (meliputi salat, doa, pernikahan, dan dzikir), nilai akhlak (meliputi tolong menolong, amanah, toleransi, memuliakan orang tua, dan zuhud). Kemudian relevansinya dengan isi kurikulum 2013 pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) yaitu: nilai akidah/keimanan relevan dengan Kompetensi Dasar kelas VII (KD 1.3, 3.3, dan 4.3), Kompetensi Dasar kelas VIII (KD 1.3 dan 3.3), dan Kompetensi Dasar kelas IX (KD 1.3, 2.3, dan 3.3). Nilai syariah/ibadah relevan dengan Kompetensi Dasar kelas VII SMP (KD 1.8, 1.10, 2.10, 3.10, dan 4.10), dan Kompetensi Dasar kelas VIII (KD 1.9, 3.9, dan 4.9). Nilai akhlak relevan dengan Kompetensi Dasar kelas VII (KD 2.2, 1.5, 2.5, 3.5, 4.5, 1.6, 2.6, 3.6 dan 4.6), Kompetensi Dasar kelas VIII (KD 2.1, 1.7, 2.7, dan 3.7), Kompetensi Dasar kelas IX (KD 1.6, 2.6, 2.2 dan 3.2)
Kata kunci: nilai-nilai pendidikan Islam, novel Ayat-Ayat Cinta 2

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayat, Mirza Musta'inulhidayatmustain@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Sastra
Keywords: Nilai pendidikan Islam; novel Ayat-ayat Cinta 2
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayat Mirza Musta’inul
Date Deposited: 06 Aug 2018 01:57
Last Modified: 06 Aug 2018 01:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25926

Actions (login required)

View Item View Item