Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Banyuwangi melalui Literasi Digital

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iskandar, Hasyim (2018) Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri (AIS) Banyuwangi melalui Literasi Digital. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hasyim Iskandar_F02716157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam kehidupan modern, media memainkkan peranan penting dalam kehidupan sosial, terutama saat ini media siber telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat modern. Kebutuhan itu juga masuk dalam dunia dakwah, maka dari itu penting memahami komunitas-komunitas virtual di media sosial. Melakukan aktivitas dakwah di dunia virtual perlu memiliki ketrampilan literasi digital sebagai dasar berjalannya dakwah, penelitian ini penting dilakukan karena komunitas Arus Informasi Santri Banyuwangi berdakwah melalui literasi digital kepada santri pesantren di Banyuwangi. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah, Komunitas AIS Banyuwangi menggunakan literasi digital dalam berdakwah, menampilkan dakwah melalui literasi digital, dan peran komunitas dalam aktivitas dakwah di Banyuwang. Penelitian tesis ini ditujukan untuk mengetahui memahami kegiatan literasi digital santri yang terjadi dalam aktivitas dakwah akan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana literasi digital diterapkan dalam dunia dakwah. Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode kualitatif yang berguna untuk memberikan fakta dan data mengenai tindakan komunikatif yang dilakukan oleh Komunitas AIS Banyuwangi. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawanacara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang diperoleh dalam menjawab tiga rumusan masalah adalah: pertama, upaya yang dilakukan AIS Banyuwangi adalah menggunakan penyadaran fungsi media, pemahaman akan media, dan konsekuensi media, model yang digunakan dalam literasi digital adalah berbentuk pelatihan dan penyadaran kultural. Kedua,AIS menampilkan dakwahnya kepada santri, siswa, dan mahasiswa, yang juga berkolaborasi dengan komunitas lain seperti SDC. Dan ketiga, peran yang dijalankan komunitas AIS Banyuwangi adalah sebagai, inisiator, fasilitator, dan sebagai pemateri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iskandar, HasyimHasyimiskandarmuda@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi Islam
Teknologi > Teknologi Informasi
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Literasi Digital
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Iskandar Hasyim
Date Deposited: 02 Aug 2018 06:46
Last Modified: 02 Aug 2018 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25914

Actions (login required)

View Item View Item