Mekanisme distribusi dana zakat pada BMT Nurul Hayat Kota Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yusuf, Alfian (2018) Mekanisme distribusi dana zakat pada BMT Nurul Hayat Kota Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Yusuf_C04211007.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan bagaimana mekanisme distribusi dana zakat pada BMT Nurul Hayat Kota Kediri. penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab permasalahan yang berhubungan dengan mekanisme distribusi dana zakat pada BMT Nurul Hayat Kota Kediri dalam cara pendistribusian dana zakat kepada para mustahik. Dan bagaimana implikasi dari adanya mekanisme distribusi dana zakat terhadap pemerataan kesejahteraan masyarakat yang berada di Kota Kediri. Dalam mengumpulkan data penelitian tersebut dengan cara melakukan penelitian langsung ke BMT Nurul Hayat, dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data berhasil terkumpulkan maka akan dianalisis dengan menggunakan teori distribusi dan kesejahteraan yang sesuai dengan permasalahan yang diangkat. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bagaimana cara atau mekanisme distribusi dana zakat yang didapatkan dari para donatur serta manfaat yang diperoleh oleh masyarakat sekitar Kota Kediri, dalam distribusi dana zakat tersebut melalui berbagai kegiatan atau program yang di lakukan oleh BMT Nurul Hayat. Dana yang berasal dari donatur oleh pihak Nurul Hayat dikelola dengan sangat baik dan bertujuan untuk memberikan kemaslahatan untuk masyarakat. Adapun dari hasil penelitian mekanisme distribusi dana zakat yang di lakukan oleh pihak Nurul Hayat dengan mengadakan berbagai program yang bertujuan untuk membantu para mustahik, sebagaimana program-program tersebut meliputi program santunan anak yatim, Ibuku, Tafaqur, pengobatan gratis, genpres, sahabat, dan Majlis taklim abang becak. Implikasi dari mekanisme distribusi dana zakat tersebut sangat memberikan pengaruh dalam kesejahteraan masyarakat yang berada di Kota Kediri sebagaimana masyarakat yang membutuhkan merasa terbantu dengan adanya distribusi dana zakat tersebut. Dalam hal ini selain mekanisme dalam distribusi dana zakat serta implikasi bagi kesejahteraan masyarakat, pihak Nurul Hayat memberikan berbagai layanan sosial yang sangat memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang berada di Kota Kediri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yusuf, Alfianmoozil93@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Uncontrolled Keywords: Distribusi dana zakat; BMT Nurul Hayat Kota Kediri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yusuf Alfian
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:17
Last Modified: 02 Aug 2018 04:17
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25902

Actions (login required)

View Item View Item