Implementasi Pendidikan Karakter melalui Building Learning Power: studi kasus di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardlotillah, Rahmah Rizqina (2018) Implementasi Pendidikan Karakter melalui Building Learning Power: studi kasus di SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rahmah Rizqina Mardlotillah_D73214029.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Pendidikan karakter, 2) Building Learning Power, 3) Implementasi Pendidikan karakter melalui Building Learning Power, 4) Faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan karakter melalui Building Learning Power. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan berbagai teknik yaitu: wawancara yang dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber, observasi dilakukan dengan cara mengamati berbagai kegiatan yang terdapat di lokasi dan bersangkutan dengan tema, dan dokumentasi dengan cara mengumpulkan data yang telah tersedia berupa foto, laporan atau dokumen. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga point terpenting dalam pendidikan karakter melalui Building Learning Powerdi SMP Insan Cendekia Mandiri Boarding School Sidoarjo.Pertama, Konsep Building Learning Power memiliki tujuh pilar, yaitu: membangun visi pribadi, membangun pola pikir positif, mengembangkan kekuatan akhlak, mengembangkan ketangguhan, mengembangkan kecerdasan, mengembangkan kecerdikan, serta mengembangkan kemandirian dan kerjasama. Kedua, implementasi pendidikan karakter melalui Building Learning Power terdiri dari perencanaan dilakukan dengan cara tiga tahap seleksi dalam penerimaan guru beserta workshop untuk pemahaman lebih mendalam tentang BLP, pelaksanaan dijalankan melalui kegiatan diskusi, pembiasaan, extra kulikuler, LDKS, outbond serta muhasabah dan evaluasi dijalankan dengan cara dokumen visi, observasi dari guru serta evaluasi diri. Terakhir adalah beberapa faktor pendukung terlaksananya pendidikan karakter adalah partisipasi warga sekolah dan dukungan dari pihak yayasan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah menyelaraskan pendapat perorangan serta belum adanya kurikulum yang menjelaskan tentang BLP. Dapat disimpulkan bahwa Pendidikan karakter dapat dipermudah pelaksanaannya dengan adanya strategi yang mendasarinya, seperti yang dilakukan oleh SMP Insan Cendekia dengan Building Learning Power.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardlotillah, Rahmah Rizqinaheyqina.alkamali@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Karakter; Building Learning Power
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mardlotillah Rahmah Rizqina
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:56
Last Modified: 02 Aug 2018 04:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25891

Actions (login required)

View Item View Item