Kepemimpinan entrepreneur kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fathoni, Ahmad (2018) Kepemimpinan entrepreneur kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Fathoni_D93214057.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan entrepreneur kepala madrasah, pelaksanaan entrepreneur, faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinan entrepreneur di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data terkait sarana dan prasarana, administrasi dan segala hal yang berkaitan dalam kegiatan entrepreneur., Selain itu peneliti juga melakukan wawancara mendalam dengan kepala madrasah dan beberapa guru kewiraushaan yang berisikan tentang kepala madrasah sebagai pemimpin entrepreneur, pelaksanaan progam entrepreneur, faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan entrepreneur kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Jombang merupakan sosok pemimpin yang berjiwa entrepreneur, ditunjukkan dengan kemampuan berfikir ke depan untuk menghasilkan peserta didik yang berjiwa entrepreneur sehingga nantinya lulusan tidak menjadi pengangguran dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Beberapa bentuk kepemimpinan entrepreneur kepala madrasah ditunjukkan dalam beberapa bentuk kegiatan, misalnya kegiatan study tour, bazar internal,ikut serta dalam lomba dan workshop kewirausahaan. Kepala madrasah juga membagi enam kelas pokja kewirausahaan, masing-masing pokja didelegasikan kepada guru-guru yang menjadi koordinator dengan melibatkan peserta didik. Hambatan utama yang dihadapai kepala madrasah dalam menjalankan kepemimpinan entrepreneur antara lain ketidakmampuan dalam melakukan peralihan, sedangkan faktor pendukungnya mencakup faktor internal diantaranya faktor nilai-nilai pribadi dan faktor pengalaman serta faktor eksternal diantaranya faktor peluang, faktor organisasional dan Faktor peraturan pemerintah dan budaya lokal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fathoni, Ahmadfathooney@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Kepemimpinan
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan; entrepreneur; kepala MAN 1 Jombang
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Fathoni Ahmad
Date Deposited: 02 Aug 2018 03:33
Last Modified: 02 Aug 2018 03:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25875

Actions (login required)

View Item View Item