Kiprah Pemuda IPNU-IPPNU pascanikah di Tuban: studi teori Pertukaran Sosial

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailia, Jamilatul (2018) Kiprah Pemuda IPNU-IPPNU pascanikah di Tuban: studi teori Pertukaran Sosial. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Jamilatul Lailia_F52916011.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kondisi pemuda pascanikah di Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Tuban dapat dibagi menjadi tiga macam; Pertama, Mengurus rumah tangga, bekerja, sekaligus aktif berproses pada Pimpinan Cabang. Kedua, Mengurus rumah tangga, bekerja, dan aktif berproses di Pimpinan Anak Cabang. Ketiga, Mengurus rumah tangga, bekerja, dan tidak aktif berorganisasi. Ada beberapa faktor yang menghambat para pemuda pascanikah untuk tetap berkiprah di Pimpinan Cabang IPNU-IPPNU Tuban, diantaranya; Pertama, aktivitas mereka pada pagi hari sampai siang bekerja dan kuliah, sedangkan pada malam harinya malas untuk keluar rumah. Kedua, lokasi kegiatan dengan rumah mereka yang jauh. Ketiga, tidak mendapatkan ijin pasangan. Keempat, sebagian informan perempuan merasa segan untuk keluar rumah dan membatasi diri ketika bergaul dengan laki-laki. Solusi yang diberikan oleh masing-masing pemuda pascanikah di PC IPNU-IPPNU Tuban adalah sebagai berikut; Pertama, melakukan komitmen dengan pasangan bahwa tidak akan melarang mengikuti organisasi selama tidak mengganggu keluarga dan pekerjaan. Kedua, ketika akan mengikuti kegiatan organisasi, sebelum berangkat disenangkan terlebih dahulu hati pasangan supaya bersedia menemani mengikuti kegiatan. Ketiga, organisasi tidak mengganggu terpenuhinya hak dan kewajiban suami-istri. Keempat, mengikuti kegiatan ketika mempunyai waktu yang longgar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailia, Jamilatullailymilea@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Organisasi Masyarakat
Pemuda Islam
Uncontrolled Keywords: Pemuda; Pascanikah; IPNU-IPPNU
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Lailia Jamilatul
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:25
Last Modified: 02 Aug 2018 02:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25869

Actions (login required)

View Item View Item