Peran K.H. Fakih Usman dalam melahirkan perumusan kepribadian Muhammadiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyida, Muflihatur (2018) Peran K.H. Fakih Usman dalam melahirkan perumusan kepribadian Muhammadiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muflihatur Rosyida_A72214046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini meneliti beberapa masalah, yakni : (1). Bagaimana Biografi K.H. Fakih Usman? (2). Bagaimana Sejarah Lahirnya Kepribadian Muhammadiyah? (3). Bagaimana Kontribusi K.H. Fakih Usman Dalam Melahirkan Perumusan Kepribadian Muhammadiyah? Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan metode sejarah yang melalui beberapa tahapan, yaitu Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Dalam tahap Heuristik, penulis mengumpulkan beberapa sumber primer yang ditulis oleh K.H. Fakih Usman dan sumber sekunder yang ditulis oleh sejarawan sarjana modern, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan Behavioral dan teori Panggung menurut Erfing Goffman yang secara rinci menguraikan tentang masalah-masalah yang berkaitan dengan perilaku dan peran pelaku serta ide pelaku dalam melahirkan suatu gagasan di dalam suatu organisasi yaitu Persyarikatan Muhammadiyah. Dari penelitian yang dilakukan, dapat penulis simpulkan bahwa : (1). K.H. Fakih Usman adalah seorang tokoh Muhammadiyah yang begitu berjasa, perjalanan awalnya dimulai sejak tahun 1925 saat pertama kali bergabung di Muhmmadiyah. Dia juga pernah menjadi anggota Masyumi, dan pernah menjadi Menteri agama 2 kali. Pada Kabinet Halim dan Kabinet Wilopo. Dia juga yang pertama kali melahirkan rumusan “Kepribadian Muhammadiyah” yang sampai saat ini masih digunakan sebagai jati diri dari Muhammadiyah. (2). Sejarah lahirnya Kepribadian Muhammadiyah yaitu terdapat dua faktor, pertama faktor eksternal yaitu terjadinya pergolakan politik yang dibawa oleh Masyumi, yang kedua faktor internal yaitu tokoh-tokoh Muhammadiyah setelah dibubarkannya Masyumi kembali lagi kepada Muhammadiyah dengan membawa tingkah dan pola pikir politik. (3). Kontribusi K.H. Fakih Usman dalam melahirkan Kepribadian Muhammadiyah yaitu sebagai penggagas awal mula dirumuskannya Kepribadian Muhammadiyah dan mensosialisasikan kepada siapa fungsi Kepribadian Muhammadiyah diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyida, Muflihaturmufliharossi@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Muhammadiyah
Partai Politik
Sejarah Peradaban Islam
Uncontrolled Keywords: K.H. Fakih Usman; kepribadian Muhammadiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Rosyida Muflihatur
Date Deposited: 01 Aug 2018 08:09
Last Modified: 15 Mar 2019 06:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25857

Actions (login required)

View Item View Item