Program literasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: studi kasus SMA AL Miftah Poto'an Laok Palengaan Pamekasan dan SMA Al Azis Tlambah Karangpenang Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, Zaini (2018) Program literasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa: studi kasus SMA AL Miftah Poto'an Laok Palengaan Pamekasan dan SMA Al Azis Tlambah Karangpenang Sampang. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Zaini_F12316263.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Program literasi merupakan suatu program yang diterapkan di SMA Al-Miftah dan SMA Al-Aziz yang mempunyai tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswanya, dan ternyata sudah terbukti dengan hasil karya siswa yang diantaranya membuat kesimpulan dari apa yang dibaca dan dipresentasikan. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatifdengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dari sumber data, pihak yang diwawancarai antara lain adalah: kepala sekolah: kepala sekolah SMA Al-Miftah dan kepala sekolah SMA Al-Aziz, sebagian guru pengajar dan sebagian siswa disekolah tersebut. Hasil penelitian yang penulis lakukan mengarah kepada kesimpulan yaitu. 1) program literasi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, di SMA AL-Miftah dengan cara membaca lima belas menit sebelum masuk jam sekolah dan dilanjutkan dengan menulis dan dipresentsikan, sedangkan di SMA Al-Aziz dengan cara mengikuti buku panduan yang dibuat oleh kemendikbud pada tahun 2016.2) faktor pendukung dan penghambat program literasi, adapun faktor pendukung dari program literasi disekolah tersebut adalah dengan adanya sarana prasarana yang memadai serta tidak terlambatnya siswa kesekolah untuk mengikuti kegiatan program literasi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya motivasi baik dari siswa maupun dari luar siswa, keterlambatan siswa hadir kesekolah dan kurangnya sarana prasarana. 3) solusi dari hambatan program literasi yaitu adanya motivasi dari pihak sekolah serta orang tua kepada siswa, serta adanya sarana prasarana program literasi yang memadai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, Zainizain40499@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Program Literasi; Prestasi Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zaini Muhammad
Date Deposited: 02 Aug 2018 01:29
Last Modified: 02 Aug 2018 01:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25855

Actions (login required)

View Item View Item