Perilaku konsumen dalam memilih pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal (MUI) Jawa Timur cabang Krembangan Surabaya: studi kasus masyarakateks-lokalisasi Bangunsari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulana, Alfian (2018) Perilaku konsumen dalam memilih pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal (MUI) Jawa Timur cabang Krembangan Surabaya: studi kasus masyarakateks-lokalisasi Bangunsari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfian Maulana_F12416268.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perilaku konsumen menyangkut suatu proses keputusan sebelum pembelian serta tindakan dalam memperoleh, memakai, mengkonsumsi dan menghabiskan produk. Perilaku konsumen masyarakat eks-lokalisasi Bangunsari Surabaya yang sebelumnya melakukan praktik rentenir maupun pembiayaan konvensional, yang bersifat konsumtif. Tindakan-tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan dalam mendapatkan, menggunakan barang-barang atau jasa yang dipengaruhi lingkungan, Minimnya pengetahuan serta informasi tentang pembiayaan syari’ah merupakan salah satu faktor perilaku konsumen masyarakat eks-lokalisasi Bangunsari Surabaya dalam memilih pembiayaan. Dalam Islam, perilaku seorang konsumen harus mencerminkan hubungan dirinya dengan Allah. Setiap pergerakan dirinya, yang berbentuk belanja sehari-hari, tidak lain adalah manivestasi dzikir dirinya atas nama Allah. Dengan demikian, dia lebih memilih jalan yang dibatasi Allah dengan tidak memilih barang haram, tidak kikir, dan tidak tamak supaya hidupnya selamat baik di dunia maupun akhirat.Guna menjawab permasalahan di atas, maka data penelitian ini dihimpun dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian yang diperoleh adalah terjadinya perilaku konsumen pada pembiayaan di Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal (MUI) Jawa Timur Cabang Krembangan Surabaya yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: faktor pembelajaran, faktor pengetahuan, faktor keluarga dan faktor agama.Sejalan dengan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat menjadi bahan masukan pada Pembiayaan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Mitra Usaha Ideal (MUI) Jawa Timur Cabang Krembangan Surabaya yaitu dapat lebih meningkatkan pelayanan baik sosialisasi maupun edukasi kepada masyarakat eks-lokalisasi Bangunsari Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulana, Alfianalfianmaulana88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Perilaku
Konsumen
Koperasi
Keywords: Perilaku konsumen; pembiayaan koperasi; KSPPS
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulana Alfian
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:29
Last Modified: 02 Aug 2018 04:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25854

Actions (login required)

View Item View Item