Strategi penghimpunan dana zakat pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Buhari, Hariyanto (2018) Strategi penghimpunan dana zakat pada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hariyanto Buhari_F12416269.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan suatu lembaga dalam mengelola amanah yang telah diberikan oleh masyarakat tidak terlepas dari adanya perencanaan sistem dan strategi yang dikembangkan utamanya dalam penghimpunan dana, oleh karena itu penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana penghimpunan dana zakat yang diterapkan dan strategi yang digunakan oleh BMH Cabang Surabaya dalam menghimpun dana zakat sehingga berhasil dengan baik, karena keberhasilan itu dapat mengantarkan kepercayaan masyarakat kepada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya. Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi penghimpunan dana zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya, Apa saja faktor pendukung penghimpunan dana zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya dan Apa saja faktor penghambat penghimpunan dana zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya. Untuk menjawab beberapa pertanyaan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif eksploratif dengan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yang dipilih yaitu Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya. pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Analisis data menggunakan melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil temuan penulis dalam penelitian ini adalah 1). strategi penghimpunan dana zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya adalah strategi offline adalah alat komunikasi Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dengan masyarakat yang digunakan tidak menggunakan jaringan internet dan strategi online adalah alat komunikasi Baitul Maal Hidayatullah (BMH) dengan masyarakat dengan menggunakan jaringan internet. 2). Faktor pendukung penghimpunan dana zakat Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya pertama Donatur Tetap adalah salah satu faktor pendukung dalam penghimpunan dana zakat, sehingga Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya sudah mempunyai donasi dana tetap dalam penghimpunan dana. Kedua Potensi Zakat yang bisa dihimpun dan dikembangkan karena letak geografis, kepadatan penduduk dan pendapatan serta penghasilan penduduknya yang di atas rata-rata. 3). Faktor penghambat adalah tingkat kesadaran masyarakat, knawlege masyarakat pada petugas penghimpunan dana zakat dan tidak semua donatur mempunyai handpone. Berdasarkan uraian di atas, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Surabaya harus mengadakan pendekatan secara general untuk memberi pemahaman secara detail tentang kepentingan zakat dan penggunaan softwere dari handpone androit sehingga masyarakat dengan mudah memahami dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Buhari, Hariyantoabdullahhariyanto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Manajemen Strategi
Uncontrolled Keywords: Strategi penghimpunan dana; zakat; Baitul Maal Hidayatullah (BMH)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Buhari Hariyanto
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:29
Last Modified: 02 Aug 2018 02:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25850

Actions (login required)

View Item View Item