Evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) di SMP Al Falah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wari, Endras (2018) Evaluasi kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) di SMP Al Falah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Endras Wari_D73214034.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Evaluasi Kinerja SDM di SMP Al-Falah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai penerapan, dan dampak evaluasi kinerja SDM, serta faktor pendukung dan penghambat penerapan evaluasi kinerja SDM di SMP Al-Falah Surabaya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh di lapangan menjelaskan bahwa penerapan evaluasi kinerja SDM di SMP Al-Falah Surabaya dilaksanakan secara sistematis yang dimulai dari perencanaan hingga evaluasi. Pada tahap perencanaan hal-hal yang direncanakan meliputi instrumen evaluasi, waktu dan jadwal pelaksanaan. Evaluasi kinerja dilaksanakan setiap akhir semester yang dilaksanakan oleh seluruh karyawan dengan tim penilai yakni kepala sekolah yang dibantu oleh wakasek. Aspek penilaian yang dinilai telah disesuaikan dengan pekerjaannya (job descriptionnya), untuk guru yaitu, aspek administrasi dan proses pembelajaran guru melalui rekaman video di kelas, sedangkan untuk karyawan yaitu, berkas administrasi dan komponen pekerjaannya. Adapun standar dan indikator yang digunakan yaitu 1) kedisiplinan; meliputi ketaatan terhadap peraturan, kehadiran, tertib dokumen dan 2) loyalitas. Metode yang digunakan pada pelaksanaan evaluasi kinerja adalah metode catatan deskriptif untuk karyawan, sedangkan guru berupa checklist yang didukung dengan tim pengevaluasi turun ke lapangan melihat proses pembelajaran melalui rekaman video yang telah dipasang di setiap kelas. Pemberian penskoran, hanya tim pengevaluasi yang mengetahui dan menentukan skor yang akan diberikan untuk menilai kinerja karyawan. Evaluasi kinerja di SMP Al-Falah Surabaya juga telah dilaksanakan secara transparan, adil tanpa memihak antara satu dengan yang lain. Untuk pengontrollan dilakukan evaluasi harian atau koordinasi pagi sebagai penguatan dan melalui cheklok atau rekam data. Pelaksanaan evaluasi kinerja di SMP Al-Falah memberikan hasil yang baik, meskipun perubahan tersebut masih sedikit. Dampak yang diberikan dari pelaksanaan evaluasi kinerja yaitu adanya perbaikan-perbaikan dalam aspek tertib dokumentasi, tertib administrasi, dan tertib belajar. Salah satu dampak yang dirasakan dari pelaksanaan evaluasi kinerja yaitu saat pelaksanaan akreditasi, yakni memperoleh akreditasi A. Faktor pendukung penerapan evaluasi kinerja SDM di SMP Al-Falah Surabaya yaitu sebagian besar karyawan mendukung pelaksanaan evaluasi kinerja dan pemimpin turut serta secara langsung dalam menilai kinerja karyawan. Sedangkan faktor penghambat dari pelaksanaan evaluasi kinerja tersebut yakni tersedianya waktu yang minim guna melaksanakan evaluasi kinerja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wari, Endrasw.endras76@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Manajemen Pendidikan
Sumber Daya Manusia
Uncontrolled Keywords: Kinerja SDM; Evaluasi Kinerja SDM
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wari Endras
Date Deposited: 01 Aug 2018 08:09
Last Modified: 01 Aug 2018 08:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25837

Actions (login required)

View Item View Item