تغييرات الوزن العروضي وقافيته في الكتاب حرز الأماني ووجه التهاني في القراءات السبع للإمام قاسم بن فيرة بن خلف بن أحمد الشاطبي الرعيني الأندلسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muflihin, Muhammad (2018) تغييرات الوزن العروضي وقافيته في الكتاب حرز الأماني ووجه التهاني في القراءات السبع للإمام قاسم بن فيرة بن خلف بن أحمد الشاطبي الرعيني الأندلسي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Muflihin_A91214101.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Wazan apa yang digunakan dalam kitab “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy”? 2) Bagaimana perubahan wazan arudh dalam kitab “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy”? dan 3) Apa unsure-unsur Qafiyah yang terkandung dalam kitab “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy”? Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui wazan ‘arudh dari berbagai perubahan dan qafiyah yang digunakan dalam kitab “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy” karya Qasim bin Fiyyurah bin Khalaf bin Ahmad al-Syâthibiy al-Ro’îniy al-Andalusiy. Teori sastra yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori objektif, yakni dengan meneliti nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy” dari segi irama ‘arudh (hasil pengulangan dari beberapa taf’ilah), perubahan yang berupa zihâf (kecepatan irama), dan ‘illat (kecatatan irama), dan qawâfi (ujung kata yang ada dalam bait syi’ir). Lalu metode yang digunakan adalah metode deskripstif kualitatif. Adapun temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1.Pada nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy”menggunakan bahar thowil. Dan di dalamnya juga terdapat 2 macam zihâf mufrod yang merubah wazan asalnya, yakni terdapat zihâf qabdh (membuang huruf kelima yang mati) pada tafilah “fa’ûlun” menjadi “fa’ûlu”, “mafâ’îlun” menjadi “mafâ’ilun” dan kuff (membuang huruf ketujuh yang mati) pada taf’ilah “mafâ’îlun” menjadi “mafâ’îlu”. 2.Qafiyah yang digunakan dalam nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy” adalah sebagai berikut: kalimat qafiyah yang terdapat pada satu kata terdapat pada bait yang ke: 1, 3, 5, 7, 9, 13, 14, 15, 16, 18, 20, 21, 24, 27, 31 dan seterusnya, yang terdapat pada dua kalimat terdapat ada bait yang ke: 12, 17, 33, 40, 43, 51, 63, 76, 102, 107, yang terdapat pada sebagian kalimat ada dalam bait yag ke: 2, 4, 6, 10, 11, 22, 23, 25, 26, 28, 29, 32, 39, 44, 47, 49, dan seterusnya. 3.Huruf qafiyah diantaranya adalah al-Rawiy (huruf terakhir pada bait syi’ir kecuali huruf mad dan ha’), dalam hal ini seluruh bait berakhiran huruf lam sebagai rawi, dan terdapat washal (huruf mad meng-isyba’kan harakat rawi dan ha’ yang mendampingi rawi) pada seluruh bait nadzam tersebut. Untuk harakat qafiyahnya terdapat al-Mujrâ (harakat rawi mutlak) yang terdapat pada seluruh bait tersebut. Macam-macam qafiyah yang terdapat pada nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy”ditemukan 1 macam qafiyah, yakni qafiyah muthlaqah mujarrodah. untuk nama qafiyah pada seluruh bait nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy” adalah al-mutadârak. Dengan demikian, nadzam “Hirz al-Amâniy wa Wajh al-Tahâniy” menggunakan qafiyah alif dan dinamakan qashidah Lamiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muflihin, Muhammadmuflihin13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Keterampilan
Uncontrolled Keywords: Hirz al-Amaniy wa Wajh al-Tahaniy
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muflihin Muhammad
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:52
Last Modified: 01 Aug 2018 04:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25805

Actions (login required)

View Item View Item