Pengembangan kepemimpinan siswa melalui outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Nurul (2018) Pengembangan kepemimpinan siswa melalui outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Fauziyah_D73214050.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah bagaimana pelaksanaan outbound training, bagaimana pengembangan kepemimpinan siswa melalui outbound training serta apa saja kendala dan solusi pengembangan kepemimpinan siswa melalui outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, teknik yang digunakan peneliti adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo rutin dilaksanakan setiap tahun. Outbound training yang dibingkai dalam Latihan Dasar Kepemimpinan (LDKS) merupakan salah satu program kerja OSIS SMPN 3 Krian Sidoarjo. Dan setiap tahunnya berlokasi berbeda. Pelaksanaan outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo melalui 3 tahap 1) Tahap persiapan 2) Tahap pelaksanaan 3) Tahap evaluasi. Di dalam outbound training terdapat berbagai macam permainan. Permainan tersebut tentunya memiliki manfaat kemudian manfaat tersebut apabila dikorelasiklan dengan ciri-ciri kepemimpinan memiliki hubungan yang erat. Dan dari siswa sendiri yang mengikuti outbound training mengalami adanya perubahan yang ada pada dirinya. Yakni aktif dalam pembelajaran, mampu mengurus kelas dan memanaj dirinya sendiri agar tidak mengikuti arus negatif. Setelah mengikuti outbound training, peserta yang mengikuti outbound training dapat menularkan atau memberikan teladan bagi siswa yang tidak mengikuti outbound training. Tindak lanjut dari outbound training adalah pengurus OSIS baru melakukan berbagai macam kegiatan kesiswaan yang telah tersusun dalam program kerja mereka. Sehingga outbound training yang telah dilaksanakan tetap mengena dan tidak pudar. Dalam pelaksanaan outbound training di SMPN 3 Krian Sidoarjo mengalami beberapa kendala. Salah satu kendala utama yakni dana. Akan tetapi kendala tersebut dapat teratasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Nurulnurulfauziyah8@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kepemimpinan
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Kepemimpinan siswa; outbound training
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Fauziyah Nurul
Date Deposited: 01 Aug 2018 01:35
Last Modified: 01 Aug 2018 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25799

Actions (login required)

View Item View Item