Strategi pengelolaan wakaf wasiat polis asuransi syariah: studi pada lembaga wakaf al-Azhar Kebayoran Jakarta

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofiki, Akhmad (2018) Strategi pengelolaan wakaf wasiat polis asuransi syariah: studi pada lembaga wakaf al-Azhar Kebayoran Jakarta. Masters thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Rofiki_F12416267.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melihat besarnya peranan wakaf dalam meningkatkan kesejahteraan ummat, maka strategi pengelolaan dan pengembangan dalam wakaf harus lebih ditingkatkan lagi, baik memperluas jaringan maupun mengadakan sosialisasi dan training langsung kepada masyarakat luas, sehingga wakaf menjadi ringan dan mudah tanpa harus mengeluarkan dana besar, salah satu lembaga inovatif dalam pengelolaan wakaf adalah lembaga wakaf Al-Azhar Kebayoran Jakarta Selatan dengan produk wakaf wasiat polis asuransinya, melalui produk ini diharapkan dapat membantu mencapai target yang diharapkan pemerintah dalam upaya pengentasan kemiskinan dan tujuan utamanya yaitu untuk mensejahterakan ummat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana strategi pengelolaan wakaf wasiat polis asuransi, Adakah faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pengelolaan wakaf wasiat polis asuransi syariah, dan bagaimana strategi pengembangan wakaf wasiat polis asuransi. Untuk menjawab beberapa pertanyaan ini, dilakukan penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Lokasi penelitian yang dipilih yaitu Lembaga wakaf Al-Azhar Kebayoran Jakarta Selatan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap sumber terkait. Analisis data menggunakan tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pertama pengelolaan aset secara produktif, dibidang Transportasi dan Perkebunan. Kedua, Pengelolaan aset non produktif dengan cara membangun tempat-tempat ibadah seperti Masjid, Musholla, Pesantren, Madrasah dan lembaga sosial lainya. 2) Pertama, Faktor pendukung, menerapkan Spiritual Care Community (SCC) dalam megevaluasi kinerja manajemen dan karyawan disetiap harinya. Menggunakan sistem terintegrasi online karena dipandang lebih mudah dan efisien. Sahabat Wakaf yang Militan dengan pelatihan khusus seputar wakaf wasiat polis asuransi. Kedua, Faktor penghambat, pengelolaan harta wakaf harus sesuai akad, pemahaman masyarakat tentang wakaf wasiat polis masih sangat terbatas. Kurangnya social networking, 3) Strategi pengembangan wakaf wasiat polis Al-Azhar masih dalam planning manajemen, namun tetap akan dikembangkan secara produktif dan proporsional dengan target yang lebih besar, disebabkan oleh waqif yang masih panjang umur. Berdasarkan uraian di atas, Lembaga wakaf Al-Azhar Kebayoran Jakarta Selatan adalah salah satu lembaga yang juga berperan penting dalam mengembangkan wakaf sehinnga membantu pemerintah dalam mensejahterakan ummat dengan inovasi dan trobosannya.

Kata Kunci: Wakaf Produktif, “Wakaf Polis”, Al-Azhar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofiki, Akhmadkangachmad13@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Asuransi Islam
Manajemen Strategi
Wasiat
Wakaf
Uncontrolled Keywords: Wakaf produktif; wakaf polis; al-Azhar
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rofiki Akhmad
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:14
Last Modified: 01 Aug 2018 04:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25794

Actions (login required)

View Item View Item