تطوير المواد التعليمية في كتاب دروس اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية: البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رنجيل طوبان

Fujiono, M. Agus (2018) تطوير المواد التعليمية في كتاب دروس اللغة العربية لتنمية المهارات اللغوية: البحث والتطوير مع التطبيق على طلاب الصف العاشر في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية رنجيل طوبان. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
M. Agus Fujiono_F12616309.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini, penulis mengembangkan buku ajar bahasa arab Durus al-Lughoh al-Arabiyah yang merupakan salah satu buku ajar yang diajarkan di Madrasah Aliyah Negri Rengel Tuban. Selama berjalannya waktu, terdapat banyak permasalahan yang ditemukan selama pengajaran. Salah satu permasalahan yang ditemukan dibuku ajar ini adalah bahwa materi yang terdapat pada buku ajar ini kurang sesuai dengan klasifikasi kemampuan bahasa yang dituju, bahkan tidak sesuai dengan kadar kemampuan dan kebutuhan para siswa. Disisi lain, karena latihan yang disajikan cukup sulit, maka alokasi waktu juga tidak maksimal. Peneliti mengembangkan 3 unit bab yang merupakan pelajaran untuk semester ganjil, yang mana setiap unit bab terdiri dari 5 latihan (istima’, kalam, tarkib, qiraah, dan kitabah). Pada setiap unit latihan adakalanya terdiri dari tiga, empat atau bahkan lebih latihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Adapun materi teks bacaan disajikan pada latihan qiraah (membaca) saja, sedangkan mufrodat (kosa kata) baru juga disajikan sebelum teks bacaan tersebut dan bahkan disertai dengan gambar yang berwarna pada latihannya. Secara keseluruhan, jumlah latihan yang disajikan pada buku ajar ini adalah 15 latihan. Dan terkadang penerapan permainan bahasa dilakukan ketika siswa merasa bosan dikelas. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan empat keterampilan berbahasa untuk mengembangkan materi-materi bahasa arab di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah yaitu dengan menambah gambar dan warna bermacam-macam dan menambah dan mengurangi latihan-latihan. Dan dalam hal ini peneliti menggunakan metode pengembangan (R & D) dan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, adapun instrument pengumpulan data penelitian ini yaitu: Observasi, interview, dokumentasi, dan tes, dan tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test. Hasil penelitian adalah peneliti menghasilkan sebuah buku dengan materi-materi baru di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah dengan menggunakan empat keterampilan bahasa, yaitu penambahan berbagai warna dan latihan-latihan. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pengembangan materi materi bahasa arab di kitab Durus al-Lughoh al-Arabiyah untuk empat keterampilan bahasa di MAN Rengel Tuban pada siswa kelas 10 adalah “efektif”. Dengan bukti bahwa nilai T account setiap kemampuan bahasa (Mendengar= 22,81 Berbicara= 20,64 Membaca= 22,54 Menulis= 21,97) lebih besar dari pada T table 2,39.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Supervisor: Dimyathi, M. Afifuddin
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar; Keterampilan Bahasa
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Fujiono M. Agus
Date Deposited: 01 Aug 2018 06:32
Last Modified: 01 Aug 2018 06:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25792

Actions (login required)

View Item View Item