Sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945 dalam perspektif siyasah dusturiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrori, Asrori (2012) Sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945 dalam perspektif siyasah dusturiyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asrori_C03208052.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua masalah yaitu: pertama, bagaimana sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945 dan k.edua, bagaimana perspektif siyasah dusturiyah terhadap penyelenggaraan sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945. Penilitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode deskriptif verifikatif yaitu dengan memberikan gambaan secara mendalam mengenai penyelenggaraan sistem pemerentihan presidensial menurut UUD 1945 dan kemudian memverikasikannya berdasarkan perspektif siyasah dusturiyah dengan menggunakan metode deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945 didasarkan pada pasal 6A ayat 2 UUD 1945, yang berbunyi Pasangan calon presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum,: dan juga berdasarkan pada UU No. 42 Tahun 2008 tentang pemilu presiden, UU No.2 Tahun 2008 tentang partai politik. Ditinjau dati perspektif siyasah dushniyah penyelenggaraan sistem presidensial dengan format koalisi menurut UUD 1945 terdapat relevansinya yaitu sama-sama mencerminkan adanya konsep a'sabiyah di dalam pemilihan kepala Negara. Berdasarkan hasil penelitian ini maka bagi para pelaku politik khususnya yang ikut terkait dengan adanya format koalisi hendaknya selalu melandaskan setiap kegiatan pemerintahannya dengan berdasarkan pada ketentuan yang sudah diatur di dalam undang-undang sehingga dapat tercipta penyelenggaraan tata pemerintahan yang memberikan keadilan bagi rakyat dan tidak hanya berdasarkan kepentingan pribadi maupun golongan semata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrori, AsroriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Partai Politik
Uncontrolled Keywords: Sistem presidensial; format koalisi; UUD 1945; siyasah dusturiyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah Jinayah
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Jul 2018 08:40
Last Modified: 31 Jul 2018 08:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25785

Actions (login required)

View Item View Item