Manajemen strategi organisasi dakwah: studi pada pimpinan daerah 'Aisyiyah Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkianto, Anggit (2018) Manajemen strategi organisasi dakwah: studi pada pimpinan daerah 'Aisyiyah Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Anggit Rizkianto_F02916175.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh perubahan strategi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Surabaya yang sejak pertengahan tahun 2014 mengubah strategi dakwahnya dengan action approachmelalui berbagai program-program sosial di berbagai bidang. Strategi PDA Surabaya ini kemudian cukup membuahkan hasil dan memberikan manfaat bagi masyarakat Surabaya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dokumentasi, observasi partisipan serta wawancara mendalam untuk mendapatkan data. Penentuan narasumber menggunakan purposive sampling hingga data yang didapatkan dirasa cukup untuk menjawab rumusan masalah. Data-data yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dan diinterpretasikan. Teori yang digunakan sebagai pendekatan dalam menganalisis mengacu pada konsep manajemen strategi yang secara umum berbicara tentang perencanaan strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan strategi PDA Surabaya didasari oleh pertimbangan nilai, visi misi serta analisis lingkungan internal dan eksternal yang cukup matang. Jihad ekonomi adalah arah pergerakan organisasi yang ditetapkan oleh PDA Surabaya untuk mencapai visi misi organisasi. Secara umum strategi yang digunakan adalah pengoptimalan seluruh sumber daya dengan sebesar-besarnya serta pemanfaatan peluang yang sebesar-besarnya pula. Dalam implementasi strateginya, PDA Surabaya memiliki struktur yang sangat kuat layaknya organisasi modern yang didukung oleh kepemimpinan dan budaya organisasi yang cukup baik. Sebagai evaluasi, implementasi strategi PDA Surabaya belum sepenuhnya melibatkan partisipasi masyarakat dalam perumusan program-programnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkianto, Anggitanggitrizkianto@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah > Dakwah, Strategi
Islam > Organisasi
Manajemen Strategi
Uncontrolled Keywords: Manajemen strategi; organisasi dakwah; ‘Aisyiyah
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Rizkianto Anggit
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:36
Last Modified: 01 Aug 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item